Thursday 21 May 2020

Refleksi Diri Membangkitkah Gairah Menulis


Refleksi Diri Membangkitkah Gairah Menulis

Bangkit. Tepat dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional. 20 Mei 2020. Bukan hanya hari spesial disaat pertama kali saya mengenal dunia. 33 Tahun yang lalu. Tergerak dari sejarah. Perjuangan  Budi Utomo. Boedi Oetomo sebuah organisasi pelajar yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding voor Inlandsche Arsten). Aktif mengkampanyekan gagasannya mengenai bantuan dana bagi pelajar-pelajar pribumi berprestasi yang tidak mampu melanjutkan sekolah.

                Kesempatan luar biasa. Bertepatan pula dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional. Sudah saatnya saya pribadi sebagai guru menjadikan Harkitnas sebagai suatu inspirasi. Bangkit meningkatkan kompetensi sebagai guru. Serangkaian kegiatan di bulan Mei. Diawali peringatan Hari Pendidikan Nasional, banyak Organisasi yang bergerak dalam pendidikan mengadakan seminar online. PGRI dalam chanel youtube PB PGRI yang setiap harinya memberikan live streaming dengan berbagai macam topic hangat seputar pendidikan. Kegiatan Menulis Online dari Om Jay sebagai titik mula membangkitkan gairah saya untuk menulis. Tanpa terasa pada bulan Mei postingan saya sudah mencapai 30 buah. Itu sebuah permulaan bagus. "Teruslah menulis setiap hari, buktikan apa yang terjadi".

          Dari postingan itu saya bisa merefleksikan diri. Apa makna menulis itu? Walaupun bagi saya ini terkesan terlambat. Dibalik kata terlambat tetap ada kata usaha untuk berbuat dengan maksimal. Ada beberapa hal yang bisa saya ambil sebagai bekal saya untuk menulis. Tentu ini menulis di Blog.
1.     Pengetahuan Awal tentang dunia blog sekaligus ditandai dengan memiliki blog pribadi
2.     Beberapa kiat untuk bisa menulis dengan baik.
3.     Pegalaman menulis dan menerbitkan buku
4.     Mengenal Penerbit Mayor
5.     Pengalaman Menulis di Media Massa
6.     3 Alenia amizing dalam menulis versi Om Jay
7.     Mendokumentasikan kegiatan di Blog.
8.     Membuat tutorial dalam bidang pendidikan
Beberapa materi yang diberikan belum sepenuhnya bisa realisasikan. Semua itu perlu proses. Saya sadari dan akan berjalan mengalir saja.

Mengutip tulisan Om Jay di https://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/05/selamat-hari-kebangkitan-guru-blogger.html. “ Mulai banyak blog guru aktif dan bangkit kembali. Bahkan ada yang sudah lama blognya tidak diupdate karena tidak tahu untuk apa guru menulis di blog. Menulis di blog bukanlah pekerjaan yang sia-sia”. Ini yang saya lakukan sekarang. Rajin menulis di blog.   

Saat yang tepat buat saya untuk merefleksikan diri bangkit meningkatkan kompetensi diri sebagai guru. Tak ada hal yang rugi jika itu berkaitan dengan ilmu. Kali ini dengan ilmu baru dibidang menulis. Semakin tambah bekal ilmu yang saya miliki. Tergerak dari  Budi Utomo dan difasilitasi oleh orang-orang hebat. Jiwa bangkit menimba ilmu menjadi tinggi. Karena saya sadar guru adalah agen perubahan.




                                                                 Komang Elik Mahayani
                                                                             SMP Negeri 1 Negara

16 comments: