Friday 29 May 2020

Guru Tak Melek IT, Bagaimana Nasibmu Sekarang?


Guru Tak Melek IT
Bagaimana Nasibmu Sekarang?


          Guru. Pekerjaan yang sungguh mulia. Dibalik kata guru ada tugas penting didalamnya. Guru sebagai pembangun insan cendekia. Itu jargon yang mengandung tanggung jawab besar.

          Kita hidup dalam dunia yang serba canggih. Perkembangan teknologi makin hari makin cepat. Penemuan setiap saat selalu lahir. Mau tidak mau, kita pun beradaptasi. Panik dan bingung itu sudah pasti. Perubahan bersifat kekal. Hanya mengikuti itu modalnya.

          Dalam realita tidak semua guru bisa menerima. Secara umum masih ada guru yg alergi terhadap perubahan. Ada beberapa guru bersikap frontal. Penolakan akan teknologi. Lalu apa yang terjadi? Guru itu hanya bisa marah. Menyalahkan keadaan menjadi senjata jitu. Sepertinya ada diskriminasi bagi dia. Kenyataannya tidak. Hanya pikirannya membuat keadaan seperti itu. Bukan hanya marah, terkadang sistem pun disalahkan.  Alhasil mereka akan tertinggal. Permasalahannya sangat sederhana, tidak mau belajar dan berusaha. Saat ini banyak aplikasi yang harus diisi sendiri oleh guru. Kalau ini saja tidak teratasi, bagaimana dalam pembelajaran berbasis IT?

          Berpegang teguh pada prinsip “Long Life Education”. Belajar Seumur Hidup. Ada banyak hal yang kita belum tahu. Terlebih lagi dalam bidang Teknologi. Guru dituntut kreatif dan inovatif. Tampilkan diri. Guru harus mampu merubah dirinya sendiri dan menjadi agen perubahan.   
         
         

9 comments: