Sunday 24 May 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-1


Teknik Menulis dan Menerbitkan Buku


Siapa yang tak kenal Onno W. Purbo. Tokoh besar terkait dengan Teknologi Informasi. Kali ini beliau akan hadir sebagai nara sumber dalam Kegiatan Menulis Bersama Om Jay. Senin, 27 April 2020. Topik yang akan dibawakan adalah Menulis dan Membuat Buku Digital.

Sedikit profil dari Bapak Onno W. Purbo. Pelopor dunia IT yang menggagas program RT/ RW-Net ini adalah orang yang berjasa dengan adanya internet di Indonesia. Kiprahnya di dunia teknologi sudah tidak diragukan lagi. Pria yang senang berbagi ilmu untuk mencerdaskan bangsa dalam dunia IT ini banyak berpihak pada kesejahteraan masyarakat kecil sesuai ajaran yang diajarkan ayahnya, Hasan Poerbo, seorang Professor bidang lingkungan hidup ITB. seorang pakar kelahiran Bandung, 17 Agustus 1962. Merupakan wisudawan terbaik Teknik Elektro ITB pada tahun 1987 yang kemudian melanjutkan studi magister dan doktoral di McMaster University, Kanada dan Universitas Waterloo, Kanada. Namanya yang populer dengan serangkaian prestasi gemilang, karya, dan banyak penghargaan seringkali menghiasi laman-laman media baik cetak, online, maupun TV

          Dengan gaya yang humoris beliau memulai memberikan pemaparan materi. Dalam proses penerbitan buku bisa dilakukan dengan dua cara. Menggunakan penerbit buku secara langsung dan bisa menerbitkan buku secara digital. Proses penerbitan buku secara digital lumrahnya kita kenal dengan istilah e-book. Sebelum menuju topik hangat pembuatan e-book. Bapak Onno W. Purbo terlebih dahulu mengulas tentang teknik menulis buku.
1.  Persiapan
Berawal dari membaca, Menggunakan Rumus 5W + 1 H
2.  Mencari Topik
Memilih topik, mencari tahu keinginan pembaca, mencari tahu minat pembaca. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengobrol.
3.  Kebiasaan Mencatat
4.  Menulis Ilmiah
Dalam menulis ilmiah, bapak Onno menyarankan untuk mencari referensi berbahasa Inggris agar mudah diterbitkan untuk menjadi jurnal internasional. Referensi tersebut dapat diakses dari google scholar (http://scholar.google.com). 
5.  Menerbitkan buku

Dalam proses menerbitkan buku, harus mempersiapkan :
a.     Halaman Judul
b.     Kata pengantar
c.      Daftar Isi
d.  Materi lengkap (kontent), dapat ditambahkan gambar
e.     Tentang penulis, dibuat ringkas dan menarik
f.      Daftar Pustaka
g.     Sinopsis, ringkasan cerita dari isi buku yang memberikan gambaran mengenai isi buku yang dibuat.
h.     Pengecekan Plagiat
i.       Mencari referensi tentang penerbit

Proses pembuatan buku digital tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan buku dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Yang diperlukan membuat e-book adalah dengan menggubah tulisan yang semula dibuat versi word menjadi PDF.
Dalam sesi pemaparan materi, Pak Onno mendemonstrasikan bagaimana cara membuat Table Of Content. Fasilitas itu diperlukan untuk memudahkan dalam proses pembuatan daftar isi.

          Proses pembuatan buku tidak semata-mata hanya menggunakan hardcover  dengan kata lain cetak buku. Penulis pun bisa membuat buku tersebut kedalam bentuk softcopy berupa e-book. Tentu dalam proses pembuatan e-book tidak serta merta tulisan sama seperti buka. Ada proses editing sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara penerbit dan penulis.

Peresume : Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

2 comments: