Friday 22 May 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-20


Sumbang Acara Sendiri dengan Memanfaatkan TVUPI


          Terbayang bagaimana bahagianya jika kita menjadi nara sumber dan diliput oleh media. Terlihat dan terpangpang nyata sungguh jelas wajah kita di televisi. Itu bukan suatu angan-angan. Ini akan menjadi kenyataan. Bagaimana caranya? Nara Sumber yang hadir Jumat 22 Mei 2020 Dalam Kegiatan Menulis Bersama Om Jay. Mengulas lebih dalam terkait Siaran Televisi. Bagaimana membuat Siaran Televisi Pendidikan hanya dengan Aplikasi Hand Phone sendiri. Prof. Deni Darmawan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Humas Universitas Pendidikan Indonesia Bandung akan memberikan materi tersebut.

          Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meluncurkan televisi berbasis digital, TVUPI, Selasa 28 April 2020. Meski TVUPI dikelola oleh universitas, masyarakat luas bisa berpartisipasi dalam memberikan tayangan yang bertema pendidikan. Kepala Humas UPI Deni Darmawan mengatakan, sesuai dengan tujuan pembuatannya mengedepankan tri darma pendidikan. https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01373128/tvupi

          Bagaimana cara untuk menyumbangkan siaran TV bidang pendidikan secara mobile dengan memanfaatkan produk digital Televisi. Dengan TVUPI semua bisa teratasi. Langkah-langkahnya :
1.   Download Aplikasi " LCJ TVUPI" Wowza Gocoder di Android & IOS Apple
Silakan kunjungi website http://humas.upi.edu/upi-tv/
2.   Pilih akan terkoneksi dengan menggunakan media apa?
3.   Masukkan Koneksi Codenya
4. Masukkan IP Server dan Port yang digunakan. Tentunya ini sesuai dengan         Server yang dimiliki TVUPI
5.   Konfigurasikan Pada Application  dan  Source Authentication
6. Atur setting untuk rekaman yang akan dilakukan, mengatur jenis stream berupa video, audio atau video dan audio. Tentukan Size Video.
7.   Setting pada video
8.   Proses merekam siap dilakukan. Tentu dengan mengklik tombol record atau lingkaran merah untuk memulai dan menyudahi rekaman.


TVUPI memiliki 2 channel Live TV yakni TVUPI 1 dan TVUP 2. Untuk proses pembuatan siaran langsung, kita perlu konfirmasi ke TVUPI. Terkadang ada saat waktu bentrok dalam proses penyiaran langsung di TVUPI. Untuk menyiasati hal itu, seseorang yang ingin memberikan informasi berupa rekaman video bisa tetap melalukan proses rekaman. Hasil rekaman video dikirimkan ke TVUPI dan akan ditayangkan.

Keuntungan dengan hadirnya TVUPI, seluruh masyarakat dan kita tepatnya sebagai guru bisa secara langsung memberikan informasi pendidikan yang ditayangkan di televisi. Memiliki proses yang cepat dan kompleks. Dengan memanfaatkan teknologi TVUPI seorang narasumber bisa langsung bertindak sebagai cameramen yang sudah pada gawainya, narasumber, pembawa acara. Semua fungsi perfilman bisa diambil alih satu orang yakni nara sumber itu sendiri.

Dalam peluncuran televisi berbasis digital TVUPI, Selasa 28 April 2020. Ucapan selamat disampaikan oleh beberapa praktisi bidang pendidikan. Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PGRI dan Wijaya Kusumah, S.Pd. M.Pd menjabat sebagai  Sekretaris Jenderal Ikatan Guru TIK PGRI sekaligus Penyelenggara Kegiatan Menulis Secara Online.
             
Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd

Wijaya Kusumah, S.Pd. M.Pd  ( Om Jay )

          Bergerak dari sekarang, ciptakanlah tayangan pendidikan untuk penerus bangsa kita. Dengan kehadiran TVUPI mari kita ikut berkontribusi memberikan tayangan yang mendidik. Karena pendidikan adalah aset masa depan bangsa.


Materi Installer Aplikasi TVUPI

Peresume : Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

12 comments: