Monday 11 May 2020

Pemanfaatan Buku Cerita Daring dan Desain Kegiatan




Sebelum dimulai Ibu Farrah Dina.M.Sc bertanya kepada para peserta yang hadir di room ini. Pikirkan judul buku anak yang pernah di baca, diantara banyak buku anak yang dibica, pilih satu buku anak yang paling berkesan dan akan direkomendasikan kepada orang lain. Pikirkan alasan kenapa memilih buku tersebut. Setelah membaca buku tersebut setiap orang akan memiliki kesan yag berbeda, ada banyak kesan yang mereka miliki. Alasannya karena kita sudah membaca dan paham akan isi buku tersebut. Buku itu bisa membentuk karakter orang, bisa membangun konektivitas dan lain-lain.

Intensitas membaca atau dibacakan buku mempengaruhi kecerdasan anak hingga dewasa. Salah satu manfaatnya dengan membaca dan dibacakan akan menambah bank kosa kata yang dimiliki anak tersebut.
Proses pada saat membaca dan berusaha memahami yang kita baca. Keterampilan membaca  secara tidak langsung akan mengajarkan keterampilan hidup.

Kunci melatih keterampilan membaca
1.     Bahan Bacaan ( Buku, Artikel, puisi, majalah, Koran dll)
    Dalam masa pandemic bahan bacaan akan terasa kurang. Salah satu alternatif  yang bisa diambil yakni dengan memanfaatkan buku cerita daring.

2.     Kegiatan yang berhubungan dengan membaca

         Proses Kegiatan Membaca/Dibacakan :
a.     Sebelum Membaca
     Megaktifkan pengetahuan yang sudah dimiliki
b.     Saat membaca
     Mendapatkan pengetahuan baru
c.      Setelah membaca
           Menghubungkan apa yang sudah dibaca dengan berbagai konteks yang lebih luas

 Tips menggunakan buku cerita daring :
1.        Utamakan yang Bahasa awalnya adalah Bahasa Indonesia
2.        Lihat isi cerita dan gambar, pilih yang sesuai dengan konteks anak
3.        Perhatikan nilai-nilai dalam buku
4.        Pikirkan potensi pengembangan isi buku menjadi aktivitas lanjutan


 Kegiatan yang berkaitan dengan membaca (Tidak membaca, membaca, membaca dengan aktivitas lanjutan) Mari kita tingkatkan kegiatan membaca yang sudah bagus menjadi luar bisa dengan aktivitas lanjutan.

Desian Kegiatan Setelah Membaca dengan PAHAM
1.         Perhatikan detail
Syarat memahami bacaan dengan memperhatikan detail. Untuk usia dini pemahaman bacaan lebih ditonjolkan dalam bentuk gambar-gambar. Anak usia dini akan diminta untuk memperhatikan detail-detail yang ada dalam buku cerita itu.
Aktivitas lanjutan yang bisa dilakukan setelah membaca yakni anak tersebut bisa diberikan beberapa pertanyaan secara lisan mengenai cerita itu atau memberikan worksheet/lembar kerja. Hal itu bertujuan agar anak bisa menganalisis isi buku cerita tersebut.



2.         Arti Kosakata
Mengenalkan dengan kosa kata baru kepada anak. Anak akan memahami arti kosa kata baru yang telah dibacanya. Salah satu caranya, dengan diberikan bahan bacaan misalnya berupa artikel. Setelah dibaca, latihan yang bisa dilakukan seperti contoh yang diberikan oleh Ibu Farrah Dina.M.Sc dari artikel terdapat kosakata Tercepat. Pemahaman Awalan Ter yang artinya paling dan diikuti dengan mencatat kegiatan anak tersebut yang ada kaitannya dengan awalan ter. Dengan mencatat segala kegiatan sesuai dengan pemahaman kosa kata tersebut. Anak secara tidak langsung bisa mengenal lebih banyak kosa kata lain. Dari Tercepat akan ada kosa kata lain mucul misalnya tertua, tertinggi, terendah dll.



3.         Hubungkan Informasi
Kreatifitas terbangun dari kemampuan seseorang mengumpulkan informasi yang satu dengan informasi yang lain sehingga terbangun ide/kreasi baru. Proses membaca akan mampu memberikan informasi dengan menghubungkan:
a.     Isi buku dengan dirinya
b.     Isi buku dengan buku yang lain
c.      Isi buku dengan konteks lain yang lebih luas

4.         Asyik Berimajinasi
Dari membaca kita bisa mengembangkan imajinasi pada anak. Dengan topik yang ada dibuku cerita kita bisa hubungkan dengan benda-benda disekitar untuk membangkitkan imajinasi anak.

5.         Menyimpulkan ide besar
Berpikir secara utuh dan menyeluruh. Dari membaca sebuah cerita, anak akan dilatih untuk menyimpulkan ide besar dalam cerita itu.  

Mari latih dari sedini mungkin anak untuk diajak membaca/dibacakan suatu cerita. Dengan membaca/dibacakan akan mempengaruhi kecerdasan anak hingga dewasa. Menambah bank kosa kata yang dimiliki anak tersebut dan akan mengajarkan keterampilan hidup. Ada banyak bacaan yang bisa kita gunakan salah satunya dengan memanfaatkan buku cerita daring. Manfaatkan situs tanggaedu.com/media-belajar untuk mengunduh berbagai cerita anak yang sudah disesuaikan dengan jenjangnya



1 comments: