Tuesday 12 May 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-12


Inovasi Pembelajaran di Ajang Nasional


Semua guru didalam hatinya pasti ingin memiliki sebuah prestasi dalam karirnya. Terlebih lagi jika prestasi itu bisa diakui sampai tingkat Nasional. Banyak ajang lomba bergengsi yang diadakan dan diperuntukkan oleh guru. Sebut saja Lomba Inovasi Pembelajaran.

Pada kesempatan ini nara sumber yang hadir dalam Kegiatan Menulis bersama Om Jay akan membagikan pengalaman Mengenai Inovasi Pembelajaran di Ajang Nasional. Beliau adalah Arif Darmadiansah.

Biodata Bapak Arif Darmadiansah.
Nama Lengkap : Arif Darmadiansah, S.Pd., Gr
Email : darmadiansah.arif@gmail.com
Bidang Keahlian : Biologi dan Komputer
Instansi : SMA Negeri Probur, Kab Alor, Prop Nusa Tenggara Timur
Alamat rumah : Teluk Mutiara (depan PMI kalabahi) Nomor 50 Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT)

Prestasi yang pernah diraih:
1. Juara II Inovasi Pembelajaran Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional - 2016
2. Finalis Lomba Pendidikan Karakter Bangsa Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional – 2017
3. Penerima Research Grant SEAMEO – 2017
4. Juara I Inovasi Pembelajran Jenjang SMA/SMK Tingkat Nasional – 2018
5. Peserta Shortcourse Digital Tool MOOCs di Charles Darwin University – 2019
6. Delegasi Indonesia dalam Shortcourse Asessment Purpose for teacher science Recsam Penang – Malaysia – 2019
7. Juara I Guru Dedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019

Judul Buku dan Tahun Terbit (10 Tahun Terakhir):
1. Digital Learning 4.0 untuk Pendidikan Indonesia ISBN 978-623-91182-6-6 Tahun 2019
2. Merajut benang kemandirian melalui tambang kemaritiman ISBN 978-602-6245-27-4 Tahun 2019
3. Jurnal : Engineering Edu Jurnal Ilmiah pendidikan dan Ilmu Teknik. LIPI. (2017)
4. Jurnal : Prosiding Lomba Inovasi pembelajaran Kesharlindung Dikmen Kemdikbud. (2017)
5. Buku Latihan : Biologi GOKIL 100% (Gol Kilat Tembus Nilai 100 UN) (2016)
6. Buku Pelajaran :Biologi 2 Untuk SMA Kelas XI Semester 2 (2015)
7. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gool Kilat Tembus Nilai 100) Ujian Nasional (UN) SMP (2014)
8. Buku Latihan : Tembus PTN (Perguruan Tinggi Negeri) (2013)
9. Buku Latihan : IPA 100% GOKIL (Gol Kilat Tembus Nilai 100) UN dan USBN Sekolah Dasar (SD) (2013)


Bapak Arif Darmadiansah asli orang solo yang mengabdi di Alor NTT. Pengalaman Beliau mengikuti Inobel tahun 2016 berawal dari sebuah ide atau gagasan sederhana. Dengan keinginan untuk membuat kelas menjadi menarik dan menyenangkan. Dari proses pembelajaran ada kekurangan kualitas pembelajaran yang belum dirasa optimal. Seperti kita lihat di video youtube beliau yang ke tiga. Kondisi sekolah dengan tidak ada sarana prasarana yang memadai.

“Ide Inovasi lahir dari sebuah masalah atau potensi. Diikuti dengan tindakan-tindakan inovatif yang mampu diterapkan di sekolah”

Dari masalah lahir ide inovatif dan dilanjutkan dengan menciptakan alat inovatif yang disesuiakan dengan keadaan sekolah beliau yang pada saat itu kondisinya tidak ada listrik dan sinyal telp apalagi internet. Kemudian mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk. bisa media, bahan ajar, atau lainnya.
Hasil dari karya inovatif Bapak Arif Darmadiansah, dituangkan dalam bentuk tulisan dan melahirkan sebuah karya ilmiah. Tentu bersiap untuk mengikuti kompetisi.
Sedikit informasi dari beliau hasil karya ilmiah dapat berupa penelitian tindakan kelas, eksperimen atau pengembangan (R&D).

Untuk dikmen bisa di akses portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id dan untuk dikdas kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id. Langkah-langkah jika berminat untuk mengikuti ajang bergengsi Inobel :

1.     Masuk dan mendaftar di portal kesharlindung.pgdikmen.kemdikbud.go.id
2.   Ada beberapa syarat administrasi yang diminta misalkan surat peryataan aktif mengajar, surat bukan kepala sekolah, dan lainnya.
3.  Tahap pertama seleksi administrasi kemudian dilakukan penilaian proposal penelitian. Apabila lolos maka akan mendapatkan undangan bimtek dari kemendikbud
4.     Setelahnya melakukan penelitian pelaksanaan disekolah. Selanjutnya mengirim kembali ke portal sebagai laporan akhir penelitian.
5.     Dilakukan seleksi dan didapatkan peserta finalis yang akan kembali di undang untuk mempresentasikan hasil karya ilmiahnya.


Dalam pemaparan materinya, Bapak Arif Darmadiansah mengirimkan 3 video  di chanell youtube :

a.       Video pertama tentang cerita Mika CD Menjadi Inspirasi Inovasi | juara 2 inobel Nasional. Pada video tersebut dijelaskan bagaimana pembuatan desain media hologram digital proyektor dengan berbahan Mika CD. Kesan siswa sangat suka dengan penggunaan media tersebut. Proses desiminasi kepada guru, sehingga mengantarkan beliau menjadi seorang finalis dan menjadi juara 2 Inobel. https://youtu.be/1tFF7rYt8Z4
b.        Video kedua berawal akan melaksanakan praktek struktur jaringan tumbuhan, biasanya untuk proses pengamatan menggunakan mikroskop karena tidak ada maka tercetus ide beliau untuk  menciptakan mikroskop digital tenaga surya atau Millea. Pada alat tersebut terdapat lensa untuk menaruh kamera handphone sebagai visual digitalnya. Penemuan ini mengantarkan beliau menjadi Juara 1 Utama Inobel. https://youtu.be/-31FLFPoYpY
c.      Video ketiga menceritakan Perjuangan Bapak Arif Darmadiansah sebagai seorang guru. Berlatar belakang bagaimana geografis dari Alor. Kondisi alam yang harus ditaklukan menuju ke sekolah. Sekolah beliau  di ujung alor. Daerah 3T kalau orang bilang. Terpencil, terluar, terdalam. Berada di puncak perbukitan, berbatasan langsung dengan negara tetangga timur leste yang dipisahkan oleh selat. Lokasi ke dili lebih dekat daripada ke kupang bila naik kapal atau pesawat Dengan semangat Bapak Arif Darmadiansah untuk mencerdaskan anak-anak Alor, segala macam cara ditempuh dan tentu perjuangan beliau tidak sia-sia. Dengan dedikasi yang tinggi Bapak Arif Darmadiansah mengantarkan beliau menjadi pemenang pertama Guru Dedikasi Nasional (2019). https://youtu.be/6Hz3Dqar_3g


Beberapa pertanyaan dari peserta terkait dengan Inobel :

Inovasi pendidikan yang bagaimana,yang dapat membuat guru sukses ikut olimpiade?
Bidang inovasi itu banyak sekali pak. Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa ? strategi pembelajaran mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut.

Menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan saya 2 ide itu yg akhirnya juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?
Untuk yang hologram mendapatkan juara 2 tahun 2016. Dan Millea juara 1 kategori utama tahun 2108. Medianya sudah saya bagikan di youtube.

Mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak sekolah.
kimia masih serumpun dengan mapel saya . dan terkadang saya juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda. Media yang saya buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus. Namun saya melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Siswa saya yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan sebuah media digital bagi mereka.

Ada beberapa hal yang saya tanyakan. Bagi guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK? Selama pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa LFH? Untuk mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan asli?
1. Setau saya sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu saya juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih terbatas pada struktur tumbuhan.

1. Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2.Yang mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran ?
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya : Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi

Dalam pembuatan karya inovasi seperti yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi semua kemampuan peserta didik?
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita tulis. Dalam media yang saya buat tidak bisa menaungi semua kemampuan.

Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah.

Langkah awal dan cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti saya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri.


Dari Bapak Arif Darmadiansah kita bisa belajar. Masalah yang kita temui selama pembelajaran di kelas akan bisa melahirkan sebuah ide. Ide akan diaplikasikan kedalam suatu media,metode atau alat yang memiliki nilai inovatif. Terciptanya media, model ataupun alat yang inovatif akan mampu  menyelesaikan masalah tersebut. Dengan hasil akhir guru mampu meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dokumentasikan hasil inovasi itu dengan menulis. Bonus terakhir Hasil tulisan itu akan bisa membuka jalan menuju Ajang Nasional.

Peresume : Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)


5 comments: