Wednesday 20 May 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-18


Dokumentasi Diri Dengan Jejak Digital 
“Blog”




          Kita sudah berada Di era industri 4.0. Menuntut konektivitas di segala hal (Internet of Thing). Terlebih lagi kita sebagai guru. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses pendidikan yang dikenal dengan sistem siber (cyber sistem).  Mampukah kita memanfaatkan teknologi?

          Dalam kesempatan kali ini, Rabu, 20 Mei 2020 Dalam Kegiatan Menulis Bersama Om Jay. Nara sumber akan mengulas salah satu pemanfaatan tenologi yang tetap ngehitz. Blog. Bapak Dedi Dwitagama akan mengulas tentang “Mendokumentasikan Semua Kegiatan Di Blog”.

Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Apa itu Blog? Secara sederhana blog seperti diary atau catatan harian yang diunggah ke internet dan bisa dinikmati oleh orang sedunia. Blog dikenal Bapak Dedi Dwitagama tahun 2005.  http://dwitagama.blogspot.com. – Blog Dedi Dwitagama.

Dengan blog semua dokumentasi yang dimiliki diposting disana. Kegiatan di kelas, di sekolah, di luar sekolah dan hobby fotografi. Serasa nano-nano, semua tersimpan di blog. Untuk memfokuskan pada satu topik. Blog pun dipisahkan. Dengan hijrah ke wordpress.
1. Mendokumentasikan ide-ide pendidikan dan kegiatan sekolah  http://dedidwitagama.wordpress.com.
2.  Mendokumentasikan kerja sampingan yang sangat luar biasa menghasilkan berada di http://trainerkita.wordpress.com.
3.  Mendokumentasikan hasil karya hunting foto saya didokumentasikan di http://fotodedi.wordpress.com.
4.  Sejak 2008 saya ikut posting artikel di blog keroyokkan kompasiana.com, http://kompasiana.com/dwitagama.

Sungguh luar biasa. semua blog dengan status aktif. Postingan terakhir Bapak Dedi bisa dibaca di https://dedidwitagama.wordpress.com/2020/05/13/podcast-pak-dedi/. Posting tentang channel podcast beliau. Dokumentasi di https://trainerkita.wordpress.com, membuat beliau sering ditemukan oleh Even Organizer yang sedang mencari pembicara dan mendatangkan rejeki keliling Indonesia.
November 2019, beliau mendapatkan kehormatan sharing pemantaan teknologi digital di hadapan guru" SMA se Indonesia yang sedang berkumpul di IPB University Bogor, see https://trainerkita.wordpress.com/2019/11/07/pesta-sains-nasional-ipb-university-guru-kreatif-inovatif-di-era-digital/. Kemana saja perjalanan saya sebagai pendidik bisa disimak di https://trainerkita.wordpress.com/about/.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Device yang dimiliki. Notebook, Handphone. Menulis  blog akan terasa mudah. Yang terpenting Blog harus di rawat. Seringlah dikunjungi. Postinglah dengan artikel-artikel. Berkomunikasi melalui komentar pembaca.
Jika tak ada ide sering berkunjung di blog orang lain. Saat ide banyak, tulislah beberapa artikel. Dalam artikel tidak perlu memuat terlalu banyak isi, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali. Dengan 8 artikel, artinya dua bulan ke depan tak perlu posting lagi dan artikel kita akan muncul sendiri. Pada saat ide muncul, jadwalkan membuat untuk dua bulan berikutnya. Tetap konsisten dan berkesinambungan.

          Berbuatlah sekarang. Buat jejak digitalmu sebagai dokumentasi kegiatanmu. Manfaatkan segala teknologi yang ada. Dengan Blog. Segala hal menarik bisa ditulis. Biarkan orang sedunia menikmati tulisanmu. Bapak ibu guru ayoooo bangkit dari peraduannya.

Peresume : Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

11 comments: