Thursday 21 May 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-19


Ketika Blogger Merambah Profesi Jadi Youtuber
Hasilkan Fulus Fantastik

Bisa Berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar”


         
          Ibarat peribahasa Sekali Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui. Itulah yang dilakukan Nara Sumber yang hadir pada Kegiatan Menulis bersama Om Jay. Kamis, 21 Mei 2020. Dengan sekali mengerjakan sesuatu, mendapat beberapa keuntungan sekaligus. Siapakah dia?? Beliau adalah Agus Nggermanto. Nama trendynya “ Paman APIQ”.  Bagaimanakah cara menghasilkan fulus yang fantastic?? Kali ini Bapak Agus Nggermanto akan membahas kiat jitu “Dari Blogger menjadi Youtuber dan mendapatkan Jutaan Rupiah Hanya Dari Rumah “.

          Sosoknya yang rendah hati, lulusan Teknik Elektro ITB ini memiliki kemampuan matematika yang ingin ia bagikan ke semua orang. Penggunaan blogger sudah ditekuni Paman APIQ sejak tahun 2008. https://apiqquantum.com/.  Di Tahun 2012 Paman APIQ mulai merambah ke dunia Youtube. Ini beberapa Channel Youtube Paman APIQ.   https://www.youtube.com/user/PamanAPIQ/featured ; https://youtu.be/fSHiXOjJFfI. https://pamanapiq.com/youtuber/   Semua membahas tentang pendidikan dan khususnya matematika kreatif dengan metode APIQ.

Sedikit ulasan tentang APiQ. APIQ akronim dari Aritmatika Plus Intelegensi Quantum. Istilah APiQ sendiri ia munculkan sekitar tahun 2000-an, tetapi konsepnya sudah sejak tahun 1990-an ketika Agus masih SMA di Tulungagung dan dilanjutkan kuliah di ITB. Konsep dasar APiQ adalah menampilkan matematika dengan cara yang mudah masuk akal bagi anak. Dengan begitu, anak-anak menjadi memahami konsep matematika dan menjadikan anak-anak lebih berprestasi. Metode APiQ sejak awal sudah dapat diaplikasikan dengan memberikan hasil anak-anak yang lebih senang belajar matematika dan berprestasi. Hanya saja struktur yang rapi mulai disusun di tahun 2000-an dan menjadi lebih sistemis lagi tahun 2008. Sampai sekarang APiQ masih terus melakukan inovasi-inovasi tiada henti untuk membantu pura-putri Tanah Air untuk lebih mudah belajar matematika.

Di APiQ Agus juga mengembangkan game matematika orisinal, yaitu game matematika yang dimainkan oleh anak-anak dan menjadikan anak-anak jadi pintar matematika. Game orisinal ini bukanlah selingan seperti game pada umumnya. Hanya dengan memainkan game orisinal ini maka seorang anak bisa menjadi jago matematika. Siswa-siswa pun juga menyukai jurus 7 detik APiQ. Dengan jurus 7 Detik Matematika Cepat para siswa dapat menyelesaikan soal matematika yang rumit kurang dari 7 detik. Tentu ini akan menjadi sangat mengagumkan bagi para siswa. Dan pada gilirannya rasa percaya diri siswa juga menjadi semakin kuat. http://bestyoungindonesia.blogspot.com/2016/08/agus-nggermanto-kenalkan-belajar.html?m=1


         
Dari sisi penghasilan Youtuber lebih menjanjikan. Penghasilan dolar otomatis masuk rekening. Menurut Paman APiQ, taksiran penghasilan 1 channel di atas sekitar 100 sd 2000 dolar per bulan. Bisa berbagi ilmu matematika sambil dapat bonus dolar. Adapun tips yang diberikan jika ingin menjadi blogger dan youtuber :
1.    Gunakan program gratis. Misalnya menggunakan wordpress dan youtube
2.    Kembangkan konten sesuai minat dan keahlian kita. Misalnya saya guru dan penulis matematika.
3.    Pelajari statistik untuk improvement. Baik wordpress atau youtube menyediakan statistik yang berlimpah. Maka konten bisa terus mengalir.
Temukan cara meningkatkan kualitas video dengan persiapan dan editing. Temukan cara meningkatkan kualitas konten video. Temukan cara memproduksi video dengan efisien, hemat waktu, biaya, dan energi.Temukan irama yang konsisten untuk meproduksi konten positif. Gali lebih dalam analytic Anda dan perhatikan trending serta analytic canel lain.
Buat video lagi sesuai analytic. Fokuskan ke dampak positif kepada masyarakat luas.

Tips membuat video yang berkualitas dan ramai pengunjung di youtube menurut Paman APiQ :
1.    Proses Edit Video
Dulu saya edit video pakai camtasia, di komputer. Lalu lebih mudah pakai inshoot di hp. Bahkan lebih praktis hanya pakai mobizen editor saja. Hanya memotong dan menggabungkan video saja. Caranya, setelah buat video dengan mobizen lalu buka video dengan mobizen. Ada pilihan edit – gambar mirip pena. Klik maka kita dengan mudah bisa editing.
2.    Persiapan lebih matang
Tingkatkan kualitas video dengan persiapan lebih matang. Dengan rapinya semua bahan maka kita bisa langsung bikin video lalu tanpa edit sudah bisa kita upload ke youtube. Video ini sudah bagus dan optimal. Persiapan saya yang paling penting adalah desain power point. Bila perlu lengkapi dengan transisi dan animasi ppt. Lalu buka dengan polaris. Rekam dengan mobizen. Upload ke youtube. Sukses!
3.    Tingkatkan kualitas konten video
Meningkatkan kualitas konten video lebih penting dari editing video. Caranya coba perhatikan komen dan respon dari video Anda yang paling berhasil. Lalu buat video lagi yang lebih baik dari itu. Penonton ingin berkomentar tapi bingung. Maka bagian akhir dari video saya isi dengan pertanyaan ringan yang berhubungan dengan materi. Maka penonton terpancing menjawab soal mudah itu sekaligus menulis komen.
4.    Efisien memproduksi video
Cara murah dan efisien memproduksi video adalah: siapkan desain ppt, buka dengan polaris, rekam dengan mobizen. Itu cara saya. Anda mungkin perlu cara yang berbeda. Untuk memproduksi satu video durasi 5 menit maka saya perlu persiapan di ppt atau polaris 15 menit, lalu merekam 5 menit, dan upload ke youtube 5 menit juga. Dalam satu hari saya biasanya memproduksi 3 – 5 video untuk youtube.
5.    Irama produksi video
Irama produksi video menjadikan youtuber bahagia. Keuntungan jadi youtuber adalah kita bisa berkarya sekaligus bahagia. Bila Anda jadi youtuber lalu stress karena kejar tayang itu rugi besar. Jadilah youtuber sekaligus bersenang-senang. Rahasianya temukan irama produksi video khas Anda sendiri. Irama produksi menunjukkan keragaman dalam memproduksi video di saat yang sama konsisten juga. Misalnya saya rata-rata memproduksi video 3 – 5 judul tiap hari. Bila hari libur saya kadang libur kadang produksi, suka-suka saja. Bila sedang sibuk dengan suatu kerjaan lain maka saya cukup produksi 1 video saja atau tidak sama sekali di hari itu. Semua itu pilihan bagi saya. Bisa saya kerjakan bisa saya tinggalkan. Pilih yang paling nyaman. Itulah youtuber. Sukses dan bahagia.
6.    Analytic dan trending
Analytic dan trending memberi ide kepada kita tanpa akhir. Apa saja video paling diminati penonton Anda? Apa saja respon mereka? Apa video paling trending kali ini? Dari mana penonton sampai ke video Anda? Apa yang paling dicari oleh penonton? Analytic memberi data yang lebih dari cukup – meski tidak lengkap. Manfaatkan analytic untuk kemajuan canel Anda. Kembangkan kreativitas tanpa batas. Video baru lebih sukses video lama terpercaya. Dari analytic maka kita bisa membuat video baru yang lebih sukses. Video yang lama masih terpercaya ditonton ulang banyak orang. Keunggulan youtube adalah video yang sudah 10 tahun masih bisa ditonton ribuan orang. Apakah media lain bisa begitu?

Sesi Pertanyaan :
Selamat siang bpk. Dari materi bpk. waww amazing. Mmperoleh pnghasilan yangg bgitu besar. Yg sya tanyakan bgmna mbuat chanel youtube..maaf krn saya bru pemula..baru buka blog jg stlh ikut group mnulis ini pak..apalagi mmbuat chanel you tube..saya blm pernah.mohon pnjelasannya terimakasih.

Mudah untuk saat ini. Buka apk youtube. Klik kanan atas gambar kamera. Coba upload 1 video. Ikuti petunjuknya. Maka sdh jadi canelnya

Selamat siang,terimakasih paman Apiq yg hebat,dalm vidio 7 detik perkalian cepat,ada perkalian yg langsung dimulai dari ratusan,sedangkan penanaman konsep selama ini mulai dari satuan,bagaimana untuk di kelas rendah,apa bisa kita jelaskan yg seperti itu,mohon pencerahannya.

Sebagai youtuber maka kita bisa membuat semua konten tsb hanya pakai hp saja. Ada yg langsung perkalian ratusan. Ada pula mulai dari konsep paling dasar. Saat ini saya punya sekita 7000 judul video di youtube. https://www.youtube.com/playlist?list=PLcz6MrU25lf3Ct4wU1U4pgnC_tJrzc-ta https://youtu.be/OoTM83cqt5U

Luar biasa Om Apiq. Saya sependapat menjawab fitnah dg langkah nyata. Ini luar biasa. Perlu wkt berapa lama riset atau apa lah yg bs menjawab fitnah mtmtk? Apakah kendala utama?

Jaman dulu perlu riset panjang. Tapi sekarang lebih mudah. Riset bisa pakai goole dan youtube sendiri. Lalu konten kita improve lagi sambil jalan. Yg penting sekarang praktek dulu lalu perbaiki.
Lama2 akan makin sempurna.

Apakah setiap tampilan di canel YouTube  Selalu mendapatkan uang? Bagaimana caranya ada batasan atau syarat untuk sampai dapat penghasilan dari YouTube bgt?

Harus memenuhi syarat u jadi youtube partner, Subs minimal 1000, Minimal 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Maka bisa Memunculkannya dan dapat uang

Bagaimana cara membuat konten kreatif di youtube shgga ribuan org bisa like video kita

Bikin saja konten apa aja, Perbaiki dg konten lebih baru, Pelajari statistik analytic yg disediakan youtube , Bikin konten lagi yg lebih baik. Ulangi lagi




Dengan berbekal ilmu pengetahuan yang kita miliki. Keinginan untuk bisa berbagi dengan semua orang. Pemanfaatan teknologi dan internet dengan maksimal. Akan mampu mendatangkan finansial yang menjanjikan. Contohlah Paman APiQ, dengan cita-cita mulia ingin berbagi ilmu matematika, mendapatkan hasil yang manis. Melalui pemanfaatan teknologi dan internet. Dari blogger dan youtuber. Semakin banyak yang mengenal dan meminati konten yang dibuat. Penghasilan yang menjanjikan hadir di depan mata.

Peresume : Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

6 comments: