Tuesday 26 May 2020

Mengembangkan Jiwa Enterpreneur Siswa Melalui Koperasi Sampah Plastik


Mengembangkan Jiwa Enterpreneur Siswa Melalui Koperasi Sampah Plastik

Dari kegiatan manusia pasti akan menghasilkan limbah. Itu sudah bersifat alami. Begitu pula halnya di Sekolah kami. Setiap hari disekolah menghasilkan limbah. Sebut nama lumrahnya sampah. Saya seorang guru di SMP Negeri 1 Negara. Sekolah kami terletak di Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana., Kabupaten Jembrana-Bali. Luas sekolah kami 1300 m2. Terbayang dengan luas sekolah kami berapa sampah yang dihasilkan tiap harinya.

Jenis sampah yang dihasilkan di sekolah saya berupa Sampah Organik hasil reruntuhan daun-daun tanaman sekolah dan Sampah Non Organik yang dihasilkan oleh seluruh warga sekolah. Untuk jenis sampah organik bisa diolah menjadi pupuk kompos. Dimanfaatkan lagi untuk kesuburan tanaman sekolah. Disisi lain, Sampah Non Organik. Sekolah berusaha menyukseskan program Pemerintah gerakan bebas sampah plastik pada lingkungan sekitar. Sesuai dengan prinsip pengolahan sampah. Sampah non organik diolah kembali menjadi barang yang bernilai. Itu lebih terfokuskan pada mata pelajaran prakarya. Namun kenyataanya, tidak semua sampah sempat diolah lagi. Solusi lain bisa diambil dan memiliki tujuan menghasilkan pendapatan. Kami berusaha mengembangkan Jiwa Enterpreneur Siswa Melalui Koperasi Sampah Plastik.

Program pengembangan jiwa enterprenur siswa melalui koperasi sampah plastik ini dilaksanakan setiap minggu di Hari Jumat pada saat istirahat ke-3. Semua perwakilan kelas akan membawa sampah plastik yang telah dikumpulkan yang berasal dari konsumsi sendiri. OSIS sebagai organisasi siswa di sekolah akan membeli sampah plastik itu dengan harga Rp. 2000,- per kilonya. Hasil dari penjualan sampah plastik akan dikembalikan ke masing-masing kelas dan akan digunakan kembali untuk keperluan di kelas masing-masing.

Mari sedini mungkin bangkitkan dan kembangkan Jiwa Enterpreneur  Siswa. Bukan mendidik siswa untuk “mata duitan”. Sekolah berusaha membangun karakter siswa yang kreatif dan tetap peduli akan lingkungan.
  

Dokumentasi Kegiatan Mengembangkan Jiwa Enterpreneur Siswa Melalui Koperasi Sampah Plastik





 

                            Komang Elik Mahayani – SMP Negeri 1 Negara















18 comments:

  1. wah ide yg bagus itu bila sampah menjai berkah, asalkan kita mampu mengolahnya dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Om Jay.. laksanakan semoga menjadi berkah yang berjalan konsisten

      Delete
  2. Ide kreatif Bu, semangatt...

    ReplyDelete
  3. Pengalaman yang bagus. Salam kenal dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Hebat pa.. Tidak mudah mewujudkannya kalau tdk ada kebersamaan dan kesefahaman dr semua stake holder sekolah..

    ReplyDelete
  5. Kreatif inovatif penuh ide, bisa dikemvangkan nih

    ReplyDelete
  6. ayo kita manfaatkan sampah plastik

    ReplyDelete
  7. Tempat sy ada bank sampah. Semoga bisa tiru idenya.

    ReplyDelete
  8. Bagus idenya. Maaf bu. Bagaimna buat blog secantik ini.. , apa saya bisa belajar.

    ReplyDelete