Tuesday 23 June 2020

Menulis Untuk Menarik Pembaca


Menulis Untuk Menarik Pembaca


Senin malam, 22 Juni 2020. Bertemu lagi dalam kegiatan menulis bersama Om Jay. Nara sumber yang akan mengisi materi Bapak Agus Sampurno. Sebelum memulai materi, Bapak Agus Sampurno mengajak para peserta kegiatan menulis bermain game. Game menggunakan aplikasi https://quizizz.com/join . Kami peserta ikut gabung dalam kuis. Beberapa pertanyaan yang saya ingat yakni teknik menulis, promosi di media sosial,tujuan menulis, mendeskripsikan diri sendiri, keahlian yang dimiliki dan  personal branding.

Usai menyelesaikan kuis. Mr. Bams yang memandu kegiatan menulis mengirimkan pesan di grop WA. Peserta diharapkan membuat tulisan dengan jumlah karakter 150-300 di blog dengan tema Pilihan topik :
A.    3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
B.    3 cara guru tetap optimis di masa new normal
C.    3 Salah paham guru mengenai kegiatan penelitian.
D.   3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
E.    3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
F.    3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
G.   3 resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas

Saya segera menyelesaikan tugas yang diberikan. https://cening-mai-melajah.blogspot.com/2020/06/3-manfaat-dari-kegiatan-menulis-di-grop.html ini tulisan yang saya tulis di blog. Topik yang saya ambil tentang manfaat dari kegiatan di grup belajar menulis.

Resep yang diberikan oleh Bapak Agus Sampurno tentang pembuatan judul dalam menulis. Judul harus menarik. Judul membuat orang tertarik sekaligus penasaran. Selain itu, dari judul yang menarik membuat kita punya personal branding. Dalam personal branding memuat aspek dimana kita dikenal karena hal yang menjadi fokus kita.

Diakhir pertemuan menulis, Mr. Bams mengirimkan berita sedih. Om Jay saat ini sedang sakit. Beliau terjatuh dari kursi duduk. Semuanya gelap dalam sekejap. Kami bedoa untuk kesembuhan Om Jay. Kegiatan beliau yang terlalu padat sampai melupakan kesehatannya. Semoga Om Jay segera pulih. Penyakitnya bisa diangkat Tuhan dan Bisa selalu eksis dalam dunia blogger.

Peresume Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

2 comments: