Monday 15 June 2020

Konsisten Menuju Eksistensi Dalam Menulis


Konsisten Menuju Eksistensi Dalam Menulis

Membuat tulisan tidaklah mudah. 
Tetap konsisten jauh lebih sulit lagi.
 Bermula ngeblog sejak 2009. 
Bisa terhitung berapa jumlah postingan didalam blog?


Senin, 15 Juni 2020 bertemu dalam WA Grop Menulis bersama Om Jay. Nara Sumber yang hadir masih sangat muda. Kecintaan dengan blog ditekuni sejak masa akhir SMA. Berawal dari ajakan teman membuat blog. Saat itu website yang dipilih adalah blog blogspot (blogger.com). Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd. Lahir di Jakarta, 30 Juni 1992. Nara sumber yang sangat konstan ngeblog sampai saat ini. Konsisten lahir karena adanya motivasi. Ada dua jenis motivasi yang membangkitkan semangat ngeblog. Motivasi berorientasi pada hasil yang dicapai dari ngeblog dan Motivasi berorientasi pada target. Tentu memiliki tujuan yang berbeda. Jika orientasi hasil lebih menonjolkan statistik blog. Ditambah lagi akan ramai komentar. Disisi lain jika berorientasi target lebih pada pemenuhan target-target sederhana yang kita tetapkan sendiri. Mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja. Dengan terpenuhinya target tersebut, semangat kita untuk ngeblog masih terjaga.

Dalam membuat tulisan di blog perlu memperhatikan beberapa point penting seperti :
1.    Ide Tulisan
Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis. Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis. Rasa bingung mau menulis apa. Solusinya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.
2.    Blogger vs Wordpress
Tiap individu memiliki sudut pandang dalam menentukan website blog yang akan digunakan sebagai media menulis. Itu sah-sah saja. Semua memiliki tujuan yang sama dengan fitur yang berbeda. Sama-sama digunakan untuk memposting tulisan.
3.    Teknis penggunaan blogger
Dalam perjalanan menulis dengan media blog pasti akan mengalami kendala. Hal-hal ini wajar dialami oleh blogger. Apalagi blogger pemula. Perlu bimbingan dan pertolongan dari orang lain misalnya teman dalam komunitas menulis.

Dalam paparan materi, Bapak Brian Prasetyawan memberikan sedikit informasi. Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru.Mau tidak mau sebagai pengguna harus mulai beradaptasi akan perubahan itu. Banyak blog yang dikelola oleh Bapak Brian Prasetyawan. https://www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html . Blog-blog tersebut masih aktif sampai sekarang.

Konsistensi menulis Bapak Brian Prasetyawan tidak hanya di blog. Beliau juga menerbitkan buku. Buku Pertama Blog Untuk Guru Era 4.0. Menyajikan tentang Pengenalan Blog, Saatnya Guru Ngeblog, Membuat Blog, Mengelola Blog, Mengelola Widget Blog, Contoh Blog Guru.  Buku Kedua, buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog https://www.praszetyawan.com  dan blog gurusiana. Saya pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog. Dalam waktu dekat buku solo ketiga saya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu saya buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.




Sedikit tips dari Bapak Brian Prasetyawan tentang membukukan tulisan di blog. Caranya yaitu menentukan beberapa tema besar postingan yang kira-kira bisa dibukukan. Setelah dipilah-pilah maka dari satu blog itu direncanakan akan bisa menjadi  5 buku. Masing-masing temanya adalah dunia menulis, dunia blogging, cerita pengalaman & opini, pendidikan, dan Travelling.

Sesi pertanyaan :

Mengapa kita harus pilih salahsatu blogspot atau wordpress, mengapa tidak boleh keduanya?
Oh tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya. Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu

Karena saya baru juga di dunia blogger, yg di maksud tampilan lama dan baru itu seperti apa?
Tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah.

Menjadi seorang blogger yg sukses butuh berapa lama, hingga dapat menghasilkan rupiah?
Tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapatnya. Jujur saja saya sendiri tidak terlalu memperdalam ilmu cara menghasilkan uang dari memasang iklan di blog.

Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus,tetapi apadaya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa.berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai.mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog.karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan
Jika ada kesulitan teknis seperti itu silakan japri saya bu. Saya ingin peserta grup ini tidak terhambat dalam menulis di blog. Tips dari saya: setidaknya ibu memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu, karena tulisan yang sudah dipublish, bisa di edit lagi.

Bagaimana cara yang cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?
ada beberapa tips:
1.   Buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain.
2.   Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google Di lain waktu saya akan membuat videonya.

Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis.Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani. Yang saya mau tanyakan Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblog dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay, apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa?
Saya ikut grup menulis ini karena memang saya masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Saya menulis berdasarkan yang ada dipikiran saya saja. Saya perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi saya pencerahan.

Bagaimana bapak mengelola kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?
Iya tentu saja siswa saya belajar lewat blog yang saya buat. alamatnya: www.bahastematiksd.blogspot.com

Apakah sebuah blog itu ada masa berlakunya? Maksudnya jika kita tidak membukanya atau menuliskan sesuatu disana dalam kurun waktu yg lama apakah akan hilang atau tetap masih bisa digunakan?
Blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google. Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai.

Penjelasan lebih jauh tentang Google adsense pak karena saya masih baru mendengar nya?
Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000).

Bagaimana supaya blog kita banyak dikunjungi orang?
agar blog dikunjungi banyak orang : share link blog ke medsos, bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger, membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang.

Bagaimana cara pak brian mengatasi kesulitan kesulitan dalam menulis?
Saya memiliki kesulitan tersendiri yaitu menyelesaikan tulisan yang sudah saya mulai. Banyak postingan blog saya yang masih numpuk di draft blog. Kalau saya mengatasinya dengan menentukan waktu menulis yang nyaman. Saya tentukan bahwa sabtu pagi adalah waktu yang paling pas untuk saya fokus menulis.

Bagi penulis pemula, semangat untuk terus menulis secara konstan harus selalu dipupuk. Banyak kendala yang pasti dihadapi. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Walapun ada masalah banyak juga pertolongan yang bisa didapatkan. Bantuan teman-teman dalam komunitas menulis. Segala masalah terkait dengan teknis penggunaan blog bisa diatasi. Menulis setiap hari terbit posting setiap hari juga. Dari kumpulan postingan akan bisa menghasilkan buku. Dalam proses membuat buku dari hasil postingan perlu dikategorikan berdasarkan tema postingan.Tetap semangat menulis. Menulislah dengan lepas tanpa beban. Jangan berfikir tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.


Peresume Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)



8 comments: