Menerbitkan Buku Hasil PTK
Bagi
Guru PNS, mendengar PTK sudah tidak asing. PTK sangat penting dan wajib
digunakan guru untukmemenuhi naik pangkat. Banyak tantangan yang mesti dihadapi
oleh guru dalam membuat PTK. Susah susah gampang dalam menyusun atau menentukan latar belakang menentukan PTK. Itu modal atau titik awal yang menentukan PTK dapat dilakukan.
Lalu setelah
membuat PTK dapatkah kita
mendapatkan nilai PAK versi
lain, ini terutama bagi PNS. selain artikel
untuk dijurnalkan, dapat pula kita
jadikan buku. Buku ini memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi
bacaan pendidik lain dalam melakukan PTKnya juga.
Untuk
mengetahui lebih dalam sudah hadir nara sumber yang sangat mumpuni. Hati
Nurahayu Pendidik SMP Plus Al-Amanah Dayeuhkolot Kab. Bandung SMP-SMA Karakter
UTSMAN BIN AFFAN Arjasari Kab. Bandung CEO-TATA AKBAR. Banyak penelitian ilmiah
dilahirkan dari tangan beliau. Hasil Karya Tulis Buku yang sungguh luar biasa.
Banyak
versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. saya menerima banyak naskah
untuk diterbitkan dari penulis. dan tentunya saya tidak menerbitkan asal
langsung cetak hasil PTK. tetapi
mengubah terlebih dahulu selayaknya buku yang lebik oke penampakannya untuk
dibaca, juga menarik.
Bagaimana
caranya? Ibu Hati Nurahayu akan memberikan trik nya.
ini
misalkan contoh PTK sederhana saya tahun 2014..lalu bagaimana saya membukukannnya,
bisa menjadi 2 versi. Teman teman boleh menentukan, mau versi satu atau versi
saya yang pernah saya buat. silahkan bebas memilih.
Ini
merupakann beberapa PTK dan Inobel maupunn best practice yang saya terbitkan
menjadi buku, karya sahabat guru nasional. Ini juga cara kita mengambil judul dari PTK saya
simpelkan seperti ini. Salah satunya buku Omjay, PTK yang telah lolos Inobel
2018. dan menjadi buku saya ubah versi penyusunannya, agar tidak seperti
laporan Inobel atau PTK. Karena banyak penulis yang blm mengubah PTK menjadi
buku, saya lebih mengarahkan mereka mengubah versi buku terlebih dahulu. Dalam
mengubah PTK menjadi buku, penting sekali memperbannyak isi materi variabel
bebasnya dari kata kunci judul buku kita. atau lebih memperluas isi bacaannya.
Tentunya berdasarkan sumber yang relevan.
Banyak
guru kebingungan mencari judul. Kita tidak usah bingung, ambil intinya saja
buku kita jadi asik untuk dikembangkan menjadi buku bacaan juga dari PTK kita.
Sesi
Tanya Jawab :
Apakah
PTK yang dijadikan buku bisa bisa dari 2 orang guru yg bersama2 saat mlakukan
PTK? Saat liat di panduan itu PTK sepertinya hanya sbagai pelengkap dalam Buku
(sbg contoh saja). Apakah demikian?
Boleh dua
orang. kan buku beda lagi nilainya dengan PTK. kita mengembangkan dari isi PTK
kita lebih ke versi buku seperti yang saya share filenya. tidak masalah. tetapi
kalau dalam pembagian angka kredit yang saya tahu. kalau yang menulis bukunya
berdua pastinya dibagi dua untuk PAK. Amannya 70 halaman. dan isi materi
bahasan lebih diperbanyak jangan sesimpel PTK
Bagaimana
cara ibu bisa menjadi editor handal dan bisa membuat tulisan menjadi menarik
untuk dibaca? apalagi dari ptk bisa berubah menjadi buku. keren sekali bu.
Sukses terus ya bu.
Saya
masih belajar hanya membantu guru menerbitkan bukunya. Pastinya untuk mengubah
buku menjadi PTK, saya banyak membaca buku best seller, bagaimana mereka
menyajikan materi untuk menjadi sebuah buku. Melihat tata letak sebuah buku
agar lebih menarik dibaca. Juga menyediakan bacaan sumber lain, karena editor
juga harus banyak membaca buku sumber relevan. Setiap buku bervariasi tentunya.
Ada yang sederhana menjadi luarbiasa dari PTK. Tergantung isi kontennPTK yang
dibuat guru, dan kliknya ide kita mengembangkan. Tetapi karena semakin banyak
guru yang ingin dibantu mengubah PTK, saat ini saya menyerahkan kepenulis
mengubah terlebih dahulu agar belajar juga membuat menjadi buku dari PTKnya.
Seberapa
perlu pra siklus dalam PTK? Boleh saran; selain membuat resume materi apa bisa
di bagikan tema tulisan. Agar peserta makin fokus menulis
Saat saya
menerima Researc Grant Seaqis, PTK kita bila satu siklus berhasil tidak
masalah. Kata Profesor penguji PTK saya tahun 2017 kan ada rencana kita
persiapkan 2 siklus apabila tidak berhasil dan PTK fokus ke inti permasalahan,
misalkan tentang ke karakter, atau misal ke pemahaman. jangan banyak indicator.
Misal meningkatkan ketermpilan dan hasil belajar, tapi fokus ke salah satu, ke
keterampilan.dan diperjelas dalam tindakan juga refleksi.
Mohon
penjelasan bagian2 mana saja dari batang tubuh ptk yang dibuang, dan bagian
mana pula yang perlu tambah dari ptk supaya memenuhi syarat menjadi sebuah
buku?
Yang
dibuang yang bagian misalnya pendahuluan bagian kata kata PTKnya. Bagian yang
ditambahkan di materi kata kunci PTK kita. Misalkan judul implementasi Media
stearofom pembelajaran Organisasi kehidupan untuk meningkatkan kreativitas kita
kembangkan tentang Media (Pengetian, manfaat, jenis), Pembelajaran (materi
tentang belajar mengajar), Kreativitas (diberi pengertian dan lainnya). Kita
upayakan agar pembaca memahami isi buku kita secara lengkap, dan mengena
apabila menjadi buku. bebas terserah penulis, karena setiap penulis memiliki
ide dan kreativitas masing-masing yang berbeda sesuai penggalaman dan bacaannya
yang dia dapat. Semakin literatnya penulis akan semakin oke buku yang dia
tulis. Karena literasi rangkaian membaca, berpikir dan menulis.
Dari
outline kedua versi buku PTK yang saya tangkap, apakah benar jika versi buku
PTK itu lebih ditekankan pembahasan pada tinjauan pustaka dan hasil penelitiannya
Bu? Data-data dan grafik yang didapat ketika penelitian apakah ikut dimasukkan
ke dalam versi buku? Apakah hasil penelitian R&D bisa juga dijadikan sebuah
buku ibu?
Versi
buku ke 2 itu PTK keseluruhan kita masukkan dalam buku, tapi diberi materi
tentang PTK seperti yang saya contohkan.
itu pernah ditulis oleh Omjay dan saya juga. Data grafik boleh dimasukkan itu
bukti telah diterapkan atau diaplikasikan di kelas, tidak masalah. R&D juga
bisa banget, yang tadi dikembangkan itu bu.
Untuk
PTK yg dijadikan buku, itu satu PTK saja atau harus kumpulan PTK? Apakah satu
best Praktice juga bisa dijadikan buku. Untuk dibuat jadi buku apakah harus
diseminarkan? Sekarang sdh pembelajaran K 13, saya punya PTK tapi tahun sebelum
K13 dan perrnah jd juara di even My Teacher My Hero Apakah boleh dibuat buku?
kalau mau
membuat versi penulisan 1 cara saya satu PTK saja. kalau mau versi dua bisa
beri contoh PTK satu atau lebih. banyaknjuga yg menulis Kumpulan PTK. biasanya
saya menuliskan pembuka dannisi materi sepintas tentang PTK.
Satu best
bisa jadi buku. sangat bisa dan dikembangkan oleh penulis juga.
tidak
usah diseminarkan tidak apa apa .
bisa
banget
Dalam
ptk itu ada 3 siklus ya..bagaimana jiga di siklus akhir hasilnya mengalami
penurunan?apakah PTK nya harus diulang atau itu juga bisa disebut dengan PTK? Apa
kah ada yang salah dalam penentuan variabel nya apabila terjadi hal demikian?
Kalau
siklus dua meningkat sudah saja, kalau siklus akhir menurun lakukan refleksi
dan tindakan lagi. Variabelnya jangan terlalu banyak.bisa aja kita tidak
berhasil karena tidak fokus menilai setiap indikator dari variabel itu. fokus
satu variabel dan mendalam pembahasannya bu. itulah namanya PTK. Maaf PTK saya
yang di share itu banyak variabel. hanya contoh penyusunan saja. itu penelitian
dulu 2014
Saya
meminta saran, bagaimana caranya agar kita menerapkan suatu teori yang akan kita
jadikan PTK menjadi efektif? Karena karakter belajar dan psikologi siswa dalam
satu kelas sangat beragam? Terima kasih
Agar
efektif pastinya sesuai dengan tidnakannyang akan kita lakukan , jangan meluas
bu. sesuainkata kunci judul PTK kita karena kalaubkita bahas mendalam materi
itu malah meluas juga. Jadi teori fokus ke kata kunci PTK kita. Cari bahasannya
mau bekarakter apa ke psikologi? salah satu saja.
Menarik
sekali membuat ptk menjadi buku. Selama ini saya hanya berfikir hasil ptk
dijadikan artikel jurnal. Pertanyaan saya, dibagian buku yang manakah hasil2
penelitian ditulis (dimunculkan) ?
Bagian
yang diberikan tindakan, atau kata kunci PTK .
Dalam
penilaian Dupak sering PTK tidak dapat nilai dari Tim penilai. Dari pengalaman
ibu apa kira- kira kekurangan sebzah PTK ? Jelaskan perbedaan PTK dgn Best
Practice !
PTK kalau
buku harus berbeda dari buku, kalau PTK mungkin ikuti sesuai peraturan di
daerahnya masing- masing sebelum membuat PTK, kalau buat naik pangkat. PTK dan
best pract sangat berbeda. PTK ada alur penelitian serangkaian
observasi-rencana-tindakan-refleksi- juga bersiklus bila siklus satu tidak
berhasil. Best pract pengalaman terbaik dinkelas dengan sistematika tertentu
yang lebih simpel. Laporan PTK dapat dijadikan best Practice, nmaun laporan
best Pract tidak dapat dijadikan PTK. itu menurut saya
PTK
yang telah dibuat, ketika akan di buat jadi buku, apakah dilakukan daur ulang
pada kalimat-kalimat yang digunakan atau hanya dipermak pada sejumlah bagian?
Kira-kira caranya seperti apa mengolah kalimat PTK menjadi kalimat buku?
Bebas
terserah penulis, pokoknya harus beda dengan PTK yang kita ajukan buat PtK dari
susunan .Mau lengkap atau tidak lengkap, bisa ikuti cara yang saya share bentuk
pdf. minimal 70 halaman kertas A5 untuk menjadi buku. Mengolah kalimat PTK jangan
ada kata kata laporan pTK dari pengantar atau di pembuka pada bmengolahnkalimat
PTK..jangan ada kata kata laporan pTK dati pengantar atau di pembuka pada buku.
Peresume
Komang Elik Mahayani ( elle.mahayani@gmail.com)
Wahhhh ini paket komplit plit bu.
ReplyDeleteTerimakasih Bu Ismi
DeleteLengkap Bu,ini bisa dijadikan refensi
ReplyDeleteSama-sama... mari semangat buat buku dari hasil PTK
Delete