Sunday 7 June 2020

4 Jurus Menulis Kisah Nyata Ala Om Jay



Semua orang pasti memiliki kisah nyata. True Story. 
Kisah yang pernah dialami dan dirasakan. 
Jauh lebih mudah menulis kisah nyata yang inspiratif .




          Banyak sumber ide yang bisa dijadikan sebagai bahan tulisan. Pada pertemuan ke tiga dalam AISEI Writing Event, Om Jay akan membahas lebih dalam tentang materi “Menulis Kisah Nyata”.  True Story. Tentu semua orang memiliki true story. Sumber true story bisa didapatkan dari diri sendiri, orang lain, keluarga dan lembaga. Kisah yang dituliskan bisa jadi membawa inspirasi bagi  pembacanya.

 Kisah Nyata Om Jay sering ditulis di kompasiana. https://www.kompasiana.com/Wijayalabs/5ece9efb097f3627364f3d46/Menulis-kisah-nyata-di-kompasiana.  Om Jay menuliskan kisah nyata tentang penghapusan mata pelajaran TIK. Saat itu TIK diganti oleh Mata Pelajaran Prakarya. Mau tidak mau guru TIK harus merasakan dampaknya. Beberapa perlombaan tidak bisa diikuti oleh guru TIK. Penuh perjuangan dan pengorbanan tinggi Om Jay dan kawan-kawan guru TIK lakukan. Bertemu dengan Dirjen GTK, Pejabat Kemdikbud membuat guru TIK bisa berkarir. Guru TIK bisa mengikuti ajang Inobel. Pembuktian keras Om Jay lakukan agar kiprah guru TIK di tingkat nasional tetap eksis. Hasil berbuah manis. Dengan segenap usaha Om Jay berhasil meraih juara 3 pada ajang Inobel Tingkat Nasional. Banyak hadiah yang didapatkan Om Jay. Yang tak kalah serunya, Om Jay mendapatkan pendidikan gratis belajar ke China. Semua kisah perjalanan dan pendidikan gratis Om Jay tulis. Sudah pasti pembaca akan tertarik dengan tulisan beliau.

          Banyak guru menulis Om Jay. Salah satunya Terinspirasi dari Candra Nila Dewojati dalam membuat kisah nyata. Om Jay sering membagikan kisah-kisah nyata beliau melalui tulisan di blog. Ada 4 Jurus Menulis Kisah Nyata ala Om Jay :

a.  Tentukan tema
Pikirkan tema yang akan diangkat dalam tulisan. Temukan tema yang ada di sekitar kita. Jangan sampai keluar jalur dari tema yang diangkat agar kisah inspiratif tetap menarik. 

b.  Buat kerangka isi tulisan Anda
Kerangka isi ini akan membantu tulisan Anda agar tidak melebar kemana-mana. contohnya pembukaan menceritakan tentang diri sendiri, kemudian menceritakan awal kisah, konflik, penyelesaian masalah, hikmah yang bisa dipetik.

Kaidah yang harus diperhatikan dalam kerangka isi tulisan adalah paragraf awal menentukan pembaca. Dalam membuat paragraf jangan terlalu panjang. Perlu konsentrasi/pemikiran keras untuk kalimat awal yang akan dipakai. Memberi kalimat pembuka dapat dengan percakapan pendek, atau kalimat ‘bombastis’,  hal ini akan membuat  rasa  ingin tahu akan kelanjutan ceritanya. Contoh dari Om Jay “Menulislah tiap hari dan buktikan apa yang terjadi”. Isi, beri pemanis. Isi dapat diberi puisi pendek. Pemanis dapat memuat quote seseorang. Ending harus istimewa. Ending harus membawa hikmah kisah inspiratif Anda. Ending harus menginspirasi orang lain. Contoh Ending. “Penulis tidak bisa memaksakan orang agar mau membaca tulisannya. Jangan pernah berhenti menulis apalagi sebagai pemula – Om Jay” . Hasil akhir tulisan menjadi enak dan renyah di baca.

c.   Baca kembali
Biasakan membaca lagi tulisan Anda. Bacakan tulisan yang  Anda tulis ke teman Anda. Jika teman Anda masih bingung, itu artinya hasilnya masih berantakan, tak masuk akal. Jangan ragu untuk memperbaiki paragraph yang tidak masuk akal. Pastikan tidak menambah ide/bab baru setelah membaca kembali.

d.  Tentukan judul yang menarik.
Menentukan judul luarbiasa penting. Ide judul didapat berbagai cara seperti browsing, tanya teman, improvisasi. Saran: banyak baca kisah inspiratif, atau buku Storycake, dan pelajari pemilihan judul dan alurnya. Awas!! Jika Anda memilih judul salah, atau biasa-biasa saja padahal kisahnya bagus, tak jarang orang malas baca.

4 Jurus Jitu dalam menulis kisah nyata sungguh bermanfaat. Sebagai penulis pemula 4 jurus jitu bisa memandu kita dalam menulis kisah nyata. Tak lupa dalam menulis melibatkan rumus 2P (Pendidikan dan Pengalaman yang dimiliki) dan Tangga Nada 267 ( Relasi) versi Om Jay. Sangat bersyukur bisa tergabung dalam komunitas menulis yang menjadi wadah kita menimba ilmu menulis. Mari semangat untuk menulis kisah nyata.



                                              Komang Elik Mahayani – SMP Negeri 1 Negara

7 comments: