Wednesday 7 October 2020

Formatif Online Di Masa Pandemi

 


         Penilaian Tengah Semester untuk Semester Ganjil di Tahun Pelajaran 2020-2021 telah dimulai pada hari Senin, 4 Oktober 2020. Dengan kondisi daerah kami di Kabupaten Jembrana yang berzona merah tetap membuat sekolah belum bisa melakukan PTS secara tatap muka. Dalam proses PTS di sekolah saya SMP Negeri 1 Negara menggunakan Google Form sebagai media pelaksanaan tes formatif daring.

         Penilaian Formatif dilakukan bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa yang dilaksanakan dengan rata-rata 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Disisi guru penilaian Formatif digunakan untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan proses pembelajaran yang terjadi. Dengan harapan guru akan memperbaiki dan menyempurnakan proses pembelajaran.

         Pelaksanaan PTS Online di sekolah mengalami beberapa kendala. Kendala teknis yang terjadi untuk siswa yang bermasalah dalam akses internet. Sekolah telah menyediakan Laboratorium Komputer sebagai tempat pelaksanaan PTS Online. Manajemen waktu pengerjaan menjadi salah satu faktor kendala, siswa yang terlalu asyik mengerjakan PTS tanpa memperhatikan waktu. Hasilnya siswa banyak yang tidak bisa mengirim respon jawaban tepat waktu.

         Sekolah telah melakukan inventerisasi dan tindak lanjut dari kendala yang dihapadi selama proses PTS yang sudah berlangsung selama 2 hari. Wali kelas yang selalu memberikan motivasi serta mengingatkan tentang tata tertib pelaksanaan PTS Online. Semoga di hari ketiga pelaksanaan PTS bisa lebih sesuai harapan. 


#100katabercerita 

#30hariAISEIbercerita 

#AISEIWritingChallenge 

#warisanAISEI 

#pendidikbercerita

#Day1AISEIWritingChallenge

4 comments: