Tuesday 13 October 2020

Kolaborasi Asyik Bersama Peserta Didik

 

          Bukan gabut, tetapi mengisi dengan kegiatan di situasi yang tidak menyenangkan selama pandemi. Saya termasuk guru yang memiliki ide sedikit gila. Saya chating ke grop WA kelas IX. Saya infokan bahwa saya memiliki ide membuat mini video tentang puisi mengenai COVID-19.

          Persiapan puisi saya susun dengan kosa kata yang sangat sederhana, maklum saya bukan guru Bahasa Indonesia. Setelah puisi selesai tidak lupa meminta bantuan kepada Guru Bahasa Indonesia untuk mengoreksi jika ada kata yang salah. Siap selesai, puisi saya kirim ke WA Grop siswa. Masing-masing siswa mengambil posisi dengan merekam dirinya menyuarakan 1 bait puisi.


          Tidak menunggu lama, siswa pun antuisias dengan kegilaan saya. Beberapa siswa telah mengirimkan videonya. Kini giliran saya yang akan merangkai cuplikan beberapa video siswa menjadi video yang utuh. Tak lupa menambahkan asesoris pendukung agar video terlihat lebih hidup.

          Proses editing video menggunakan aplikasi Filmora, aplikasi yang user friendly dan memiliki banyak keunggulan. Video selesai dan saya upload ke channal youtube saya. Siswa sangat senang, paling tidak ada kegiatan yang bermanfaat walaupun masa pandemi membuat resah semua orang.

Mau tau puisi yang kami buat berikut videonya



#100katabercerita 

#30hariAISEIbercerita 

#AISEIWritingChallenge 

#warisanAISEI 

#pendidikbercerita 

#Day7AISEIWritingChallenge

9 comments: