Digital Tools For Summative Assessments
Bersama Dadan, M.Pd dan PSSDM
Pembelajaran Jarak Jauh
membuat guru dituntut serba kreatif. Selain kreatif dalam proses pembelajaran,
guru juga harus kreatif mengemas penilaian kepada siswa. Sabtu siang bertemu
lagi Bersama dengan Bapak Dadan, M.Pd dan PSSDM
1. Pemanfaatan
PearDeck
Pear deck merupakan sebuah add-on di Google
Slides yang bermakna ia adalah suatu fitur tambahan yang perlu ditambah secara
manual. Pear deck membolehkan para guru menambah elemen interaktif dengan mudah
kepada slaid pembentangan guru.
Berikut ini simulasi penggunaan Pear Deck oleh Pak Dadan, M.Pd
Peserta diminta untuk masuk pada link untuk masuk ke aplikasi pear deck. Sebagai kegiatan awal Pak Danan mengajak peserta untuk mengikuti permainan menyenangkan.
Selanjutnya Pak Dadan
Masuk pada Materi utama yakni Penggunaan Pear Deak untuk Summative Assessments,
sebelumnya Pak Dadan menggali informasi awal peserta terkait penilaian sumatif.
Berikut petanyaanya :
a. Apa
yang dimaksud dengan penilaian sumatif
b. Mengapa
penilaian sumatif penting
c. Sebutkan
jenis soal dalam kegiatan dalam penilaian sumatif
d. Apa tool yang digunakan bapak/ibu untuk penilaian sumatif
Diharapkan
dengan mengenal aplikasi pear deck yang telah dipraktekkan peserta mampu
mengaplikasikan kedalam penilaian sumatif yang akan diberikan kepada
siswa-siswanya dalam PJJ.Kelebihan dari
aplikasi penilaian sumatif dengan pear deck yakni
1. 2. Penggunaan Google Forms VS Microsoft Form.
Penggunaan Google Forms dan Microsoft Forms memiliki persamaan dengan sama-sama menggunakan format form berupa teks. Yang membedakan yakni pada saat pendaftaran akun menggunakan akun gmail untuk google forms dan akun Microsoft pada Microsoft forms. Penggunaan ke dua aplikasi ini disesuaikan dengan kemahiran masing-masing pengguna. Menurut Pak Dadan tingkat keakurasi penilaian dengan Microsoft Forms lebih tinggi.
1.
3. Aplikasi Penilaian Suamtif (Video) Edpuzzle VS
Playposit
EdPuzzle adalah website yang dapat membantu guru dalam memilih video, kemudian mengedit, memotong, merekam suara, dan menambahkan pertanyaan. Dengan EdPuzzle, kegiatan menonton video dapat lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif.
PlayPosit memudahkan untuk membuat video interaktif yang melibatkan dan menggairahkan siswa. Guru memilih video, memperkaya dengan berbagai pilihan seperti pertanyaan pilihan ganda, diskusi kelas, dan mengisi bagian yang belum lengkap.
1.
4.Vocarro VS Speakpipe VS Voice Recorder dan
Drive
5.Aplikasi Flipgrid VS Loom
6. Aplikasi Penilaian Sumatif (games) Quizalize VS Quizizz
7. Aplikasi Penilaian Sumatif ( Membaca) Insert Learning VS Class Marker
8. Aplikasi Penilaian Sumatif ( Menulis) Docs/Drive VS Class Marker
Begitu banyak digital tools yang ditampilkan oleh Pak Dadan yang semaksimal mungkin bisa digunakan dalam proses penilaian. Point terpenting adalah seorang guru wajib terlebih dahulu mengetahui aplikasi yang akan digunakan secara utuh sebelum diuji cobakan kepada siswa.
Materi lebih lanjut bisa dilihat pada
Baca juga Penggunaan Aplikasi Tik Tok dalam Pembelajaran.
#PSSDM#AISEI#Kelaskreatif#Digitaltools#DADAN
1
Mantap bu Elly, :)
ReplyDeleteKeren, lanjutkan
ReplyDelete