Saturday 26 September 2020

Digital Tools For Summative Assessments Bersama Dadan, M.Pd dan PSSDM

 

Digital Tools For Summative Assessments

 Bersama Dadan, M.Pd dan PSSDM

 

Pembelajaran Jarak Jauh membuat guru dituntut serba kreatif. Selain kreatif dalam proses pembelajaran, guru juga harus kreatif mengemas penilaian kepada siswa. Sabtu siang bertemu lagi Bersama dengan Bapak Dadan, M.Pd dan PSSDM akan lebih detail mengulas materi terkait penilaian sumatif dengan memanfaatkan digital tools. Beberapa tools yang dibahas adalah :

1.    Pemanfaatan PearDeck

Pear deck merupakan sebuah add-on di Google Slides yang bermakna ia adalah suatu fitur tambahan yang perlu ditambah secara manual. Pear deck membolehkan para guru menambah elemen interaktif dengan mudah kepada slaid pembentangan guru.

Berikut ini simulasi penggunaan Pear Deck oleh Pak Dadan, M.Pd

Peserta diminta untuk masuk pada link untuk masuk ke aplikasi pear deck. Sebagai kegiatan awal Pak Danan mengajak peserta untuk mengikuti permainan menyenangkan. 

 


Selanjutnya Pak Dadan Masuk pada Materi utama yakni Penggunaan Pear Deak untuk Summative Assessments, sebelumnya Pak Dadan menggali informasi awal peserta terkait penilaian sumatif. Berikut petanyaanya :

a.    Apa yang dimaksud dengan penilaian sumatif

b.    Mengapa penilaian sumatif penting

c.     Sebutkan jenis soal dalam kegiatan dalam penilaian sumatif

d.    Apa tool yang digunakan bapak/ibu untuk penilaian sumatif

Diharapkan dengan mengenal aplikasi pear deck yang telah dipraktekkan peserta mampu mengaplikasikan kedalam penilaian sumatif yang akan diberikan kepada siswa-siswanya dalam PJJ.Kelebihan dari aplikasi penilaian sumatif dengan pear deck yakni Pear deck yang merupakan add on dari google, dengan banyak template menarik yang sudah disiapkan. Banyak jenis soal yang bisa diberikan kepada siswa yakni berupa teks, pilihan ganda, number, menggambar, dll. Kontrol waktu yang akurat.

1.    2. Penggunaan Google Forms VS Microsoft Form.

Penggunaan Google Forms dan Microsoft Forms memiliki persamaan dengan sama-sama menggunakan format form berupa teks. Yang membedakan yakni pada saat pendaftaran akun menggunakan akun gmail untuk google forms dan akun Microsoft pada Microsoft forms. Penggunaan ke dua aplikasi ini disesuaikan dengan kemahiran masing-masing pengguna. Menurut Pak Dadan tingkat keakurasi penilaian dengan Microsoft Forms lebih tinggi.



 

1.    3. Aplikasi Penilaian Suamtif (Video) Edpuzzle VS Playposit

EdPuzzle adalah website yang dapat membantu guru dalam memilih video, kemudian mengedit, memotong, merekam suara, dan menambahkan pertanyaan. Dengan EdPuzzle, kegiatan menonton video dapat lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif.

PlayPosit memudahkan untuk membuat video interaktif yang melibatkan dan menggairahkan siswa. Guru memilih video, memperkaya dengan berbagai pilihan seperti pertanyaan pilihan ganda, diskusi kelas, dan mengisi bagian yang belum lengkap.


1.    4.Vocarro VS Speakpipe VS Voice Recorder dan Drive


5.Aplikasi Flipgrid VS Loom



6. Aplikasi Penilaian Sumatif (games) Quizalize VS Quizizz



7. Aplikasi Penilaian Sumatif ( Membaca) Insert Learning VS Class Marker



8. Aplikasi Penilaian Sumatif ( Menulis) Docs/Drive VS Class Marker


Begitu banyak digital tools yang ditampilkan oleh Pak Dadan yang semaksimal mungkin bisa digunakan dalam proses penilaian. Point terpenting adalah seorang guru wajib terlebih dahulu mengetahui aplikasi yang akan digunakan secara utuh sebelum diuji cobakan kepada siswa. 

Materi lebih lanjut bisa dilihat pada 



Baca juga  Penggunaan Aplikasi Tik Tok dalam Pembelajaran.

#PSSDM#AISEI#Kelaskreatif#Digitaltools#DADAN


1

2 comments: