Monday 12 October 2020

Webex buat jauh jadi dekat

      Masih seputaran PJJ. Pembelajarana Jarak Jauh sepertinya sudah sangat sering di dengar oleh guru, siswa bahkan orang tua. Ternyata menemukan pola efektif pembelajaran selama PJJ sangat tidak mudah. 

         Jika dikaji lebih dalam lagi sekolah awalnya harus mengumpulkan tentang informasi siswa dan orang tua, memilih model pembelajaran yang tepat dan memonitoring pelaksanaan PJJ. Hal itu membutuhkan proses dan kolaborasi yang baik antara guru, siswa dan orang tua. 

        Mari kita bahas dari sisi proses pembelajaran. Model dengan blended leaening menjadi salah satu solusi selama PJJ. Adanya proses sinkronus dan asinkronus yang dilakukan oleh guru demi siswa untuk mendapatkan haknya dalam pembelajaran. Seperti yang kita ketahui model sinkronus adalah model pembelajaran yang memposisikan guru dan siswa berada pada saat yang sama berinteraksi dan juga membahas materi.

           Ada banyak platform yang bisa digunakan dalam model sinkronus salah satunya adalah Webex. Melansir The Verge Webex merupakan tool konferensi video yang telah eksis sejak periode 90-an. Pada 2007 silam, Webex diakuisisi oleh Cisco, konglomerat teknologi multinasional AS. Memanfaatkan aplikasi webex guru dan siswa akan bisa bertemu secara virtual. Perlu diingat dalam melaksanakan kegiatan vicon terlebih dahulu dibacakan tata tertib agar vicon berjalan dengan baik tanpa ada kegaduhan. 

Bagaimana cara menggunakan webex, berikut tutorialnya



#100katabercerita 

#30hariAISEIbercerita 

#AISEIWritingChallenge 

#warisanAISEI 

#pendidikbercerita

#Day6AISEIWritingChallenge


8 comments: