Friday 9 October 2020

Penilaian Asyik di Masa PJJ

 

Membuat proses pembelajaran terasa lebih menyenangkan dalam PJJ bukanlah hal yang mudah bagi guru. Masa Pandemi membuat guru menjadi lebih kreatif dan berinovasi, apalagi dijaman era industri 4.0, penggunaan teknologi bukanlah hal yang baru lagi. Pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran yang dikenal dengan sistem siber (cyber sistem) dan mampu membuat proses pembelajaran berlangsung secara kontinu tanpa batas ruang dan waktu.

Untuk mengukur ketercapaian pencapaian siswa dalam proses pembelajaran guru memberikan penilaian untuk proses pembelajaran yang dikenal dengan istilah Assessment for learning. Salah satu digital tools yang saya gunakan untuk memberikan penilaian seusai pembelajaran yakni Quizizz.


Quizizz adalah sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Quizizz memungkinkan Anda untuk melakukan penilaian yang disesuaikan dengan kecepatan siswa (self-paced) dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa di berbagai tingkatan Pendidikan (https://quizizz.zendesk.com).

Pelaksanaan penilaian berbasis kuis interaktif sangat membuat senang seluruh siswa. Cara mengkemas penilaian dengan menarik membuat siswa semakin antusias mengikuti dan terlebih lagi dalam proses pembelajaran siswa lebih semangat dan memaksimalkan diri memahami materi untuk mendapatkan hasil penilaian yang baik.

Berikut ini tutorial bagaimana cara membuat penilaian interaktif dengan Quizizz



 

#100katabercerita 

#30hariAISEIbercerita 

#AISEIWritingChallenge 

#warisanAISEI 

#pendidikbercerita

#Day3AISEIWritingChallenge

9 comments: