Monday 9 November 2020

Batu Caves

 


3 Tahun yang lalu tepatnya Tahun 2007, saya diberi kesempatan lagi untuk menginjakkan kaki di Negara Tetangga. Kali ini saya mengunjungi Negara Malaysia. Dari segi Bahasa tidak jauh berbeda dengan kita, maklum karena masih dalam rumpun Melayu.

Salah satu Tempat Wisata yang saya kunjungi adalah Batu Caves sebuah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, terletak di distrik Gombak, Selangor, Malaysia. Saran saya bagi yang ingin mencapai puncak gua, diharapkan tidak memiliki ketakutan akan ketinggian dan memiliki stamina yang kuat. Jumlah anak tangganya sangat banyak.

Gua ini adalah salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Situs ini adalah titik fokus festival Hindu Thaipusam di Malaysia (https://id.wikipedia.org/wiki/Batu_Caves). Batu Caves dipromosikan sebagai tempat ibadah yang didirikan oleh K. Thamboosamy Pillai, seorang pedagang India. Ia terinspirasi oleh pintu masuk gua utama berbentuk "Vel" dan terinspirasi untuk mendedikasikan sebuah kuil untuk Dewa Murugan di gua tersebut.

Senang rasanya saya bisa mengunjungi tempat bersejarah, apalagi saya memiliki kepercayaan yang sama. Sangat kagum atas keajaiban Tuhan.  

 

 

#travelling#Malaysia#

#Day6NovAISEIWritingChallenge


2 comments: