Monday 9 November 2020

 

Asyik Belajar 3D

 

Dalam Revolusi Industri 4.0, aplikasi 3D semakin diminati. Jika melihat kebelakang, aplikasi 3D biasanya digunakan untuk merancang bangunan atau design mobil. Mengutip dari Youtube Prof EKOJI Channel. Pemanfaatan 3D saat ini bisa digunakan untuk Augmented Reality, Virtual Reality, Digital Twin, 3D Printer.

Salah satu aplikasi 3D yang user friendly untuk menunjang dalam proses pembelajaran yakni  sketchup. Aplikasi Sketc Up adalah aplikasi berupa model 3D intuitif yang memungkinkan kita membuat dan mengedit model 2D dan 3D menggunakan teknik cara “push and Pull” yang telah dipatenkan. Menggunakan perangkat push & Pull, desainer dapat mengubah permukaan datar apa pun menjadi bentuk 3D. (https://4winmobile.com/sketchup-pengertian-jenis-fungsi-kelebihan-dan-kekurangannya/)

Untuk mengetahui aplikasi ini lebih lanjut, saya mengikuti workshop dari Rumah Belajar dan mencoba mempraktekkan dengan terlebih dahulu menginstall pada laptop. Secara cermat workshop online saya ikuti dan diakhir workshop saya mendapatkan tugas untuk membuat design 3D dengan aplikasi sketchup. Walaupun hasilnya sangat sederhana tetapi besar manfaat bagi saya untuk  menunjang dalam pembelajaran nanti.




1. Musibah Covid
2. Efek Covid di Dunia Pendidikan
3. Kegiatan yang harus saya lakukan karena covid
4. Pembelajaran selama covid.
4. Masalah yang ditimbulkan karena covid
5. Suka duka karena covid
6. Harapan setelah covid.




0 comments:

Post a Comment