Wednesday 8 July 2020

Tips dari Editor Cantik


Tips dari Editor Cantik

          Menulis, kegiatan yang sedang saya geluti. Berawal dari masa pandemi. Mencari kesibukan untuk meningkatkan kompetensi diri dilakukan. Tepatnya kemarin, sungguh kesempatan emas bagi saya. Bisa berkomunikasi santai bersama editor cantik. Bermula dari pertanyaan akan naskah antologi yang saya kirim. Seru dan ramah, itu penilaian perkenalan pertama saya dengan beliau. Banyak ilmu yang saya peroleh dari editor cantik ini.

          Beberapa tips dari Editor cantik (Ibu Dian) :

1.    Menulis adalah sebuah keterampilan.
2.    Dalam menulis banyak ilmu yang terintegrasi didalamnya.
3.  Menulis secara tidak langsung mempelajari tentang tata tulisan. Perlu memahami tentang PUEBI.
4.    Selain tata tulisan perlu memperhatikan tata bahasa. Seperti Subjek, predikat. Kalau dalam kalimat panjang Subjek Predikat bisa diolah. Satu kalimat bisa jadi subjek.
5.    Penggunaan kata sambung yang berlebihan seperti yang, dengan, dalam, yg mana, dimana.
6.    Kata hubung yang seharusnya tidak boleh digabung Jika ..., maka ...; Meskipun ..., tetapi ...; Walaupun ..., namun ...; Karena ..., maka ...

Kesempatan yang jarang bisa didapatkan. Ilmu yang luar biasa. Penilaian yang benar-benar to the point akan tulisan yang saya buat. Saya merasa senang, ada kritik yang benar-benar membangun. Semangat belajar menulis sesuai tips dan saran beliau akan saya lakukan.

5 comments: