PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SECARA VIRTUAL
MENYAMBUT TAHUN AJARAN DI KENORMALAN BARU
SEMUA TERLIBAT MENJADI HEBAT
Sambutan
webinar oleh Bapak Hendarman selaku Kepala Pusat Penguatan Karakter, Beliau
menyapa narasumber dan peserta yang hadir dalam webinar. Salam sahabat
karakter. Webinar dengan topik pengenalan lingkungan sekolah secara virtual
merupakan webinar yang ke-4. Peserta yang terlibat dalam webinar kali ini
sangat antusias. Jumlah yang bergabung mencapai 4500 orang.
Tayangan
video ditampilkan dalam webinar terkait bagaimana perasaan dan pengetahuan
siswa terkait Covid-19. Macam-macam reaksi yang ditimbulkan dari pembelajaran
yang dilakukan di rumah. Rasa bosan, mama marah, ingin bertemu teman, tidak
bisa kemana-mana, penyakit covid yang mematikan, belajar menggunakan internet
dan gawai, Kangen sekolah, teman dan guru. Itu merupakan ungkapan natural dari
para siswa. Sungguh lucu dan benar-benar tulus ungkapan tanpa tekanan.
Pemaparan Materi 1 Hamid Muhamad PLT Dirjen PAUD Dikdas dan
Dikmen
Kebijakan
Pembelajaran di Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan berprinsip kesehatan dan
keselamatan adalah priorotas utama bagi peserta didik, pendidik, tenaga
kependidikan dan semua warga satuan pendidikan. Tahun Ajaran baru 2020/2021 dimulai
pada bulan juli 2020. Pola dan metode pembelajaran berbeda di setiap daerah
tergantung kondisi keamaanan penyebaran virus corona.
Pembelajaran
Jarak Jauh saat ini menjadi solusi yang bisa ditawarkan dalam masa covid-19. Dengan
melihat prinsip pembelajaran dan metode yang ada agar tercipta pembelajaran
jarak jauh yang efektif dan menyenangkan.
Fasilitas
pembelajaran jarah jauh bisa menggunakan Akses ke pembelajaran Daring seperti
Rumah Belajar, Google for education, Ruang guru, Kelas Pintar, Meja Kta,
Zeniusnet, Quipper, Ganeca, Siajar LMS, edmodo, Siaran pembelajaran dari Radio
dan TVRI, Penyediaan Kuota gratis/murah, relaksasi penggunaan dana BOS,
Penyiapan kurikulum adaptif dan modul pembelajaran yang saat ini masih di
rancang.
Yang
harus disiapkan satuan pendidikan yakni :
1. Setiap
satuan pendidikan menyiapkan rencana pembelajaran selama semester ke depan
dengan memilih PJJ daring, luring atau kombinasi.
2. MPLS
dilaksanakan tanpa mengumpulkan siswa secara fisik yang bisa dilakukan secara
daring atau luring.
3. Menyiapkan
materi, bahan dan media pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran yang
dipilih dengan mengoptimalkan simber belajar yang tersedia dengan lingkungan
belajar masing-masing siswa.
4. Menyiapkan
pendidik dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan, mengawal dan
mendampingi proses pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran yang dipilih.
5. Mendorong
gerakan guru berbagi dalam memeberikan dukungan teknis bagi pelaksanaan PJJ
6. Mengoptimalkan
Program BDR
7. Mendorong
kolaborasi antara pemerintah, guru dan orang tua
Masa Pengenalan Lingkungan
Sekolah (MPLS) pada masa pandemi bisa menggunakan metode daring dan luring.
Berikut rinciannya :
Pemaparan Materi 2 Ibu Rohanim Kepala
Sekolah UPT SMP Negeri 38 Medan
MPLS
dilakukan secara daring. Semua siswa diajak untuk menyaksikan video Kegiatan
MPLS. Berikut contoh jadwal pelaksanaan MPLS di SMP Negeri 38 Medan yang
sekolahnya berada pada zona merah.
Pemaparan Materi 3 Dessy Ratnasari
Adaptasi individu menuju ke normal baru. Banyak hal yang bisa dipelajari terkait dengan adaptasi (Piaget, 1998).
Strategi
adaptasi merupakan cara-cara yang digunakan individu untuk mengatasi beragam
kendala yang dihadapi agar tercapai keseimbangan yang positif dari kondisi
latar belajang lingkungan barunya (pelly,2016). Keberhasilan dari strategi
adaptasi adalah apabila individu yang merasa tinggal di tempat/situasi barunya
(izzati,2016).
Diperlukan komunikasi antara orang tua dan sekolah.
Peranan Orang Tua
Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Kondisi Normal Baru
Mantap sis
ReplyDeletemantap, lengkap sebagai gambaran ke depan
ReplyDeleteSemangat mengajar PJJ di era pandemi...salam literasi
ReplyDeletetrimakasih informasinya … tulisannya keren
ReplyDeleteSangat bermanfaat👍👍👍
ReplyDeleteMantabs polll bu
ReplyDelete