Sabtu, 18 Juli 2020. Pertemuan di Zoom
PSSDM bersama Pak Dadan sangat menarik dan seru. Peserta yang hadir dalam room
secara tidak langsung mengikuti Online Workshop juga. Materi yang dibawakan
oleh Pak Dadan kali ini bertema Integrasi
teknologi dalam Pembelajaran Daring.
Sebelum memulai workshop online, peserta
yang masuk room diajak untuk apersepsi dulu. Saya yang tidak bisa gabung dalam
zoom hanya menyimak dalam youtube live.
Banyak kegiatan yang akan dilakukan selama 2
jam pertemuan di zoom. Materi telah
diupload pada link https://sway.office.com/3NUWAldEQoSgXRNP?ref=Link
Kegiatan 1
Permainan melalui zoom chat
Perkenalan peserta:
Saya yang berada di Bali ikut join. Seru kita bisa mengetahui posisi peserta lain dengan aplikasi ini.
Apakah dengan menggunakan integrasi
teknologi bisa membuat pembelajaran daring yang efektif??
Sasaran dari workshop online bersama Pak
Dadan adalah :
Kriteria sukses dengan ciri Bapak/Ibu Guru
bisa mengetahui- mencoba dan memanfaatkan Tools yang tepat untuk KBM (dalam
RPP).
Kesepakatan Peserta pastisipasi aktif dan
open mided (berfikir terbuka).
Apa sih perbedaan
pembelajaran tatap muka dan Pembelajaran Online?
Instruksi online menjadi
semakin populer, tetapi dapatkah mengukur hingga pengajaran tatap muka dalam
hal kualitas? Sementara ada beberapa yang penting. Perbedaan antara online dan
instruksi tatap muka, kedua cara mengajar tersebut mampu memberikan pengalaman
belajar yang berkualitas kepada siswa.
Kegiatan 2: Unpacking the
Lesson Plan
breakout rooms zoom
Tugas Diskusi: Tuliskan
komponen utama/ bagian-bagian penting/
Kegiatan inti dalam RPP/
lesson plan
Panduan:
Peserta
dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang
Di
dalam kelompok: Tentukan siapa ketua, sekretaris dan juru bicara. Diskusi
dilakukan selama 7 menit. Hasil diskusi ditulis oleh sekretaris di padlet
Setelah semua kembali ke room utama, juru bicara akan berbagi hasil diskusi.
Kelompok menuliskan tugas di padlet, kemudian perwakilan kelompok diharapkan untuk
mengemukakan pendapatnya/presentasi akan tugas yang telah dibuat. Proses
pemilihan kelompok menggunakan aplikasi https://wheelofnames.com/
Kolaborasi Digital
Tools dan Lesson Plan
Fokus Pembahasan:
1. Apersepsi
2. Penyampaian
Materi
3. Kegiatan Siswa
(Kegiatan Latihan)
4. Penutup
5. Penilaian
(Formatif/ Sumatif)
Kegiatan 3
Tiga alasan memilih sebuah
digital tool adalah .... (contoh: memperjelas materi)
Menti.com Kode: 83 34 74 ATAU https://www.menti.com/wet3j6ing8
Contoh penggunaan digital
tools dalam RPP
Kunci dalam pembelajaran online/daring
adalah guru belajar membuat
content pembelajaran dengan menarik, meyakinkan siswa memahami tools yang
digunakan dan konsisten. Wajibnya dalam pembelajaran ada kegiatan interaktif
antara siswa dan guru, tak hanya tugas saja. Perhatikan platform yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
Berikut Contoh yang diberikan Pak Dadan
Kegiatan 4 Diskusi
Wheelofnames
Pertanyaan:
Apa
pertimbangan utama memilih sebuah digital tool? Apa nama digital tool yang
sudah pernah Anda gunakan? Di RPP, ditulis di bagian mana? Bagaimana digital
tool yang Anda pilih bisa memotivasi belajar siswa? Apa nama digital tool yang
'gagal'
Anda
gunakan di kelas online?
Menurut Saya
Pertimbangan
utama memilih sebuah digital tool adalah untuk memudahkan dalam proses
pembelajaran. Digital tool yang sudah pernah digunakan seperti google classroom
dan zoom. Digital tool yang Anda pilih bisa memotivasi belajar siswa? Bisa
karena membuat kegitan belajar lebih menarik.
Kegiatan
5 MEDIA VIDEO
Edpuzzle
EdPuzzle
adalah website yang dapat membantu guru dalam memilih video, kemudian mengedit,
memotong, merekam suara, dan menambahkan pertanyaan. Dengan EdPuzzle, kegiatan
menonton video dapat lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif.
Tutorial:
https://www.youtube.com/watch?v=U1c80e_yYW0
Kegiatan 6 MEDIA GAMBAR
Teaming
Siswa lain bisa memberikan
responds. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai apersepsi.
Kegiatan 7 SUMATIF
Classmarker
www.classmarker.com
Kegiatan 8 KOLABORATIF
Mindmeisteradalah aplikasi mind mapping berbasis online yang bisa
digunakan mengembangkan berbagi ide secara visual.
Kegiatan 9 PERMAINAN
Soal yang diberikan Pak
Danan menara yang ada di Paris, saya berusaha menjawab dengan gambar semampunya
saya menggambar.
Bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin lebih
mengetahui digital tools yang bisa digunakan dalam pembelajaran, bisa memasan buku ini.
Kegiatan 10: Action Plan
Integrasi Digital Tools
dalam Lesson Plan PADLET. Menuliskan digital tools yang akan digunakan dalam proses pembelajaran daring.
Guru akan menjadi melek teknologi berkat
workshop online bersama Pak Dadan. Mari semangat dan terus berinovasi menciptakan
pembelajaran jarak jauh yang kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan
teknologi.
Semangat belajar, semangat berbagi dan
semangat berkolaborasi demi pendidikan Indonesia.
Komang Elik Mahayani, ST
lengkap banget bu, :)
ReplyDeleteMantap dan cepat resumex
ReplyDeleteSeru bu ya
ReplyDeletekeren nih kalau diajarkan ke siswa smp dan sma
ReplyDeleteTerima kasih atas catatannya yang sangat lengkap dan jelas... Tinggal tunggu actionnya!! Sukses bu Elly!
ReplyDelete