Saturday 18 July 2020

Integrating Digital Tools in Lesson Plan With Dadan and PSSDM



Sabtu, 18 Juli 2020. Pertemuan di Zoom PSSDM bersama Pak Dadan sangat menarik dan seru. Peserta yang hadir dalam room secara tidak langsung mengikuti Online Workshop juga. Materi yang dibawakan oleh Pak Dadan kali ini bertema Integrasi teknologi dalam Pembelajaran Daring.

Sebelum memulai workshop online, peserta yang masuk room diajak untuk apersepsi dulu. Saya yang tidak bisa gabung dalam zoom hanya menyimak dalam youtube live.

Banyak kegiatan yang akan dilakukan selama 2 jam pertemuan di zoom.  Materi telah diupload pada link https://sway.office.com/3NUWAldEQoSgXRNP?ref=Link

Kegiatan 1
Permainan melalui zoom chat
Perkenalan peserta:


Saya yang berada di Bali ikut join. Seru kita bisa mengetahui posisi peserta lain dengan aplikasi ini. 



Apakah dengan menggunakan integrasi teknologi bisa membuat pembelajaran daring yang efektif??
Sasaran dari workshop online bersama Pak Dadan adalah :
Kriteria sukses dengan ciri Bapak/Ibu Guru bisa mengetahui- mencoba dan memanfaatkan Tools yang tepat untuk KBM (dalam RPP).
Kesepakatan Peserta pastisipasi aktif dan open mided (berfikir terbuka).

Apa sih perbedaan pembelajaran tatap muka dan Pembelajaran Online?
Instruksi online menjadi semakin populer, tetapi dapatkah mengukur hingga pengajaran tatap muka dalam hal kualitas? Sementara ada beberapa yang penting. Perbedaan antara online dan instruksi tatap muka, kedua cara mengajar tersebut mampu memberikan pengalaman belajar yang berkualitas kepada siswa.

Kegiatan 2: Unpacking the Lesson Plan
breakout rooms zoom

Tugas Diskusi: Tuliskan komponen utama/ bagian-bagian penting/
Kegiatan inti dalam RPP/ lesson plan
Panduan:

Peserta dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang
Di dalam kelompok: Tentukan siapa ketua, sekretaris dan juru bicara. Diskusi dilakukan selama 7 menit. Hasil diskusi ditulis oleh sekretaris di padlet 
Setelah semua kembali ke room utama, juru bicara akan berbagi hasil diskusi.



Kelompok menuliskan tugas di padlet, kemudian perwakilan kelompok diharapkan untuk mengemukakan pendapatnya/presentasi akan tugas yang telah dibuat. Proses pemilihan kelompok menggunakan aplikasi https://wheelofnames.com/



Kolaborasi Digital Tools dan Lesson Plan
Fokus Pembahasan:
1. Apersepsi
2. Penyampaian Materi
3. Kegiatan Siswa (Kegiatan Latihan)
4. Penutup
5. Penilaian (Formatif/ Sumatif)

Kegiatan 3
Tiga alasan memilih sebuah digital tool adalah .... (contoh: memperjelas materi)
Menti.com Kode: 83 34 74 ATAU  https://www.menti.com/wet3j6ing8
Contoh penggunaan digital tools dalam RPP



Kunci dalam pembelajaran online/daring adalah guru belajar membuat content pembelajaran dengan menarik, meyakinkan siswa memahami tools yang digunakan dan konsisten. Wajibnya dalam pembelajaran ada kegiatan interaktif antara siswa dan guru, tak hanya tugas saja. Perhatikan platform yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Berikut Contoh yang diberikan Pak Dadan


Kegiatan 4 Diskusi
Wheelofnames
Pertanyaan:
Apa pertimbangan utama memilih sebuah digital tool? Apa nama digital tool yang sudah pernah Anda gunakan? Di RPP, ditulis di bagian mana? Bagaimana digital tool yang Anda pilih bisa memotivasi belajar siswa? Apa nama digital tool yang 'gagal'
Anda gunakan di kelas online?

Menurut Saya 
Pertimbangan utama memilih sebuah digital tool adalah untuk memudahkan dalam proses pembelajaran. Digital tool yang sudah pernah digunakan seperti google classroom dan zoom. Digital tool yang Anda pilih bisa memotivasi belajar siswa? Bisa karena membuat kegitan belajar lebih menarik.

Kegiatan 5 MEDIA VIDEO

Edpuzzle
EdPuzzle adalah website yang dapat membantu guru dalam memilih video, kemudian mengedit, memotong, merekam suara, dan menambahkan pertanyaan. Dengan EdPuzzle, kegiatan menonton video dapat lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif.
Tutorial: https://www.youtube.com/watch?v=U1c80e_yYW0



Kegiatan 6 MEDIA GAMBAR
Teaming
Siswa lain bisa memberikan responds. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai apersepsi.



Kegiatan 7 SUMATIF
Classmarker
www.classmarker.com





Kegiatan 8 KOLABORATIF
Mindmeisteradalah  aplikasi mind mapping berbasis online yang bisa digunakan mengembangkan berbagi ide secara visual.





Kegiatan 9 PERMAINAN

Soal yang diberikan Pak Danan menara yang ada di Paris, saya berusaha menjawab dengan gambar semampunya saya menggambar.




Bagi Bapak/Ibu Guru yang ingin lebih mengetahui digital tools yang bisa digunakan dalam pembelajaran, bisa memasan buku ini.

Kegiatan 10: Action Plan
Integrasi Digital Tools dalam Lesson Plan PADLET. Menuliskan digital tools yang akan digunakan dalam proses pembelajaran daring.


  
Guru akan menjadi melek teknologi berkat workshop online bersama Pak Dadan. Mari semangat dan terus berinovasi menciptakan pembelajaran jarak jauh yang kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan teknologi.

Waktu 2 jam terasa singkat. Kami semua sangat semangat untuk mengetahui tools yang bisa digunakan dalam pembelajaran daring. Skenario sudah mulai terbayang dalam otak saya untuk action dalam kelas virtual. Terimakasih ilmu yang sangat berharga dari Pak Dadan.

Semangat belajar, semangat berbagi dan semangat berkolaborasi demi pendidikan Indonesia.



Komang Elik Mahayani, ST

5 comments:

  1. keren nih kalau diajarkan ke siswa smp dan sma

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas catatannya yang sangat lengkap dan jelas... Tinggal tunggu actionnya!! Sukses bu Elly!

    ReplyDelete