Wednesday 27 October 2021

Aksi Nyata Modul 1.2.a.10 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

Flipped Classroom Inovasi Memimpin Pembelajaran Dalam PTM

A.   Latar Belakang

Sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mulai tahun ajaran baru Juli 2021 direncanakan seluruh sekolah kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka. Sementara itu, data perkembangan pandemi covid-19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan.

Dalam PTM (Pembelajaran Tatap Muka) yang sudah SMP Negeri 1 Negara lakukan sejak bulan September 2021 pasti akan membuat perubahan metode maupun model dalam proses mengajar. Waktu yang singkat dalam pembelajaran di kelas akan membuat keterbatasan guru dalam memaparkan sebuah materi. Untuk mengatasi hal tersebut dalam aksi nyata ini penulis berupaya untuk melakukan pengembangan pada diri dan guru dalam pembelajaran melalui Flipped Classroom dalam PTM.

B.   Tujuan

1.    Menyiapkan siswa secara mandiri untuk belajar

2.    Memberikan ruang kolaborasi antara siswa dan guru untuk berdiskusi terkait topik yang diajarkan

3.    Memberikan Kesiapan yang lebih pada Siswa Ketika Masuk Kelas

C.   Tolok Ukur

1.    Siswa secara mandiri untuk belajar

2.    Adanya ruang kolaborasi antara siswa dan guru untuk berdiskusi terkait topik yang diajarkan

3.    Kesiapan yang lebih pada Siswa Ketika Masuk Kelas

D.   Diskripsi Aksi Nyata Dan Alasan Mengapa Aksi Nyata Di Lakukan

Aksi nyata ini akan dilakukan selama 4 minggu di kelas IX SMP Negeri 1 Negara. Tahap Persiapan ini dilakukan mempersiapkan perencanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa sehingga pembelajarannya menyenangkan dengan tetap menggunakan teknologi sebagai sarana pendukungnya, mengumpulkan media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran dengan Flipped Classroom.

Tahap Pelaksanaan, pembelajaran secara Flipped Classroom diberikan satu hari menjelang pembelajaran secara tatap muka terbatas. Siswa akan diberikan bahan ajar baik berupa media pembelajaran ataupun ringkasan materi. Materi tersebut dikirimkan guru melalui WA Grop dan siswa diharapkan belajar mandiri di rumah masing-masing. Pada saat PTM berlangsung guru akan meminta siswa untuk mengerjakan/ mendemonstrasikan sebuah kasus dengan model yang sama dengan video pembelajaran yang diberikan. Dalam PTM ini guru akan memberikan bimbingan secara individu kepada siswa-siswa yang lebih banyak mengalami kendala dan juga ada beberapa diskusi yang bisa dilakukan di dalam kelas.

E.    Deskripsi Hasil Aksi Nyata

Dengan menggunakan Flipped Classroom dalam memimpin pembelajaran di masa PTM akan memberikan kesiapan awal bagi siswa untuk belajar di kelas di hari berikutnya. Video pembelajaran yang dikirimkan oleh guru akan sangat membantu siswa dalam memberikan pengalaman yang tak terduga kepada siswa, memberikan pengalaman kepada peserta didik untuk merasakan suatu keadaan tertentu dan menampilkan presentasi studi kasus tentang kehidupan sebenarnya yang dapat memicu diskusi siswa.

F.    Keberhasilan Dan Kegagalan

Keberhasilan :

Dengan menggunakan Flipped Classroom siswa yang kreatif dan mandiri akan lebih awal memahami materi yang guru berikan dan semangat untuk mencoba mengerjakan sebuah kasus yang diilustrasikan pada video pembelajaran tersebut.

Kegagalan :

Karena pemberian media pembelajaran dilakukan secara daring, murid sangat mungkin untuk terhambat oleh kendala teknis seperti sinyal internet yang buruk, hingga kesulitan atau tidak terbiasa belajar secara mandiri. Rendahnya tanggung jawab murid untuk menyelesaikan video pembelajaran. Akibatnya pertemuan tatap muka menjadi tidak efektif karena guru harus menerangkan materi dari awal.

G.   Rancangan perbaikan pada masa yang akan datang

Sebelum melakukan pembelajaran menggunakan Flipped Classroom guru lebih awal melakukan Asesmen diagnosis non kognitif di awal pembelajaran diberikan pada siswa untuk mengetahui Kondisi keluarga siswa yang meliputi tempat tinggal, tingkat emosi siswa agar nantinya pelaksanaan pembelajaran menggunakan Flipped Classroom lebih maksimal

H.   Dokumentasi Pelaksanaan Aksi Nyata

 


Dokumen bahan pembelajaran yang dikirimkan sehari sebelum PTM

 

Pelaksanaan PTM

 

 

 

 

 

0 comments:

Post a Comment