Friday, 3 December 2021

Eksplorasi Konsep - Konsep Coaching Dalam Konteks Pendidikan Part 2

 

B. Coaching dalam Konteks Sekolah

 Materi  Coaching dalam Konteks Sekolah

Simaklah video animasi mengenai konsep coaching berikut dan jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini: 



Bagaimana cara burung hantu membantu sang kancil menyeberang sungai?

Burung hantu mengarahkan sang kancil untuk merefleksikan dirinya sendiri, dia adalah kancil yang tidak bisa menjadi ikan, burung ataupun berang-berang. Maka dari itu gunakan potensi yang ada pada diri seorang kancil. Kancil pintar dengan melihat situasi sungai maka diapun akan bisa meloncat untuk menyebrangi sungai

 

Bagaimana cara burung hantu menanggapi pernyataan sang kancil tentang ketidak mampuannya?

Burung hantu selalu menanyakan pada sang kancil siapakah dirinya? bagaimana jati dirinya karena dia bukanlah ikan, burung maupun berang-berang. Dia adalah kancil dengan semua potensi yang dimilikinya. 

 

Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah yang diajukan oleh burung hantu untuk membantu sang kancil?

Kamu adalah kancil, apa yang kamu miliki dalam dirimu, kancil bercerita bahwa dia bisa beradaptasi, berani dan cerdik. maka selanjutnya burung hantu memberikan pernyataan lakukanlah sesuatu dari potensi yang kamu miliki.

 

Jika Anda adalah sang burung hantu dan kancil adalah murid Anda, apakah Anda cukup sabar? Mengapa?

Seyogyanya harus cukup sabar kenapa demikian karena stimulus siswa atas pernyataan-pernyataan yang kita utarakan kepada siswa dengan tujuan untuk membangkitkan potensi serta motivasi siswa dalam belajar ataupun berbuat demi kebaikan masa depannya dia tidaklah sama antara satu siswa dengan siswa yang lainnya. Mengadakan komunikasi untuk menumbuhkan kesadaran-kesadaran diri dari siswa yang bisa dilakukan atas keputusannya sendiri demi masa depan atau solusi atas permasalahan yang dihadapi. Konsep Among dan trilogi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara akan sangat membantu dalam proses mewujudkan keputusan yang diambil siswa dengan mandiri.

0 comments:

Post a Comment