Tuesday 22 September 2020

Menulis Tak Lekang Oleh Usia

 

Beter Late dan Never........

Tidak ada Kata terlambat untuk belajar menulis


AISEI writing club sudah menginjak pada pertemuan ke-8. Seperti biasa kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Minggu. Minggu kali ini terasa beda karena sehari menjelang HUT Kemerdekaan RI, 16 Agustus 2020. Narasumber yang hadir adalah seorang wanita cantik dan anggun beliau Ibu Sri Sugiastuti. Materi yang akan disampaikan yakni  menumbuhkan Semangat Menulis Usia Bukan Masalah Untuk Menulis.


Tips yang dibagikan oleh Ibu Sri untuk menumbuhkan semangat menulis :

a.    Punya komunitas menulis

b.   Menjalin Silaturahmi

c.    Rajin Berbagi

d.   Rajin Membaca

e.    Mengahrgai karya tulisan teman


Perkenalan saya dengan Ibu Sri yang akrab dipanggil Bu Kanjeng sewaktu beliau menjadi narasumber di kegiatan menulis Bersama Om Jay. Satu hal yang harus saya contek dari beliau adalah semangat yang membara. Umur tak menjadi penghalang untuk terus menulis. Rajin menulis di blog dan banyak karya buku beliau terbit dari kumpulan tulisan dari blog.

https://cening-mai-melajah.blogspot.com/2020/06/berbagi-pengalaman-menerbitkan-buku.html

Kesempatan bagi saya untuk bisa bergabung dalam membuat tulisan antologi Bersama Bu Kanjeng dan Om Jay sewaktu ikut dalam kegiatan menulis tersebut. Dari hasil resume yang peserta buat, dikumpulkan menjadi karya buku. Sungguh Bahagia rasanya.

 


Dalam menulis versi Bu Kanjeng diawali dengan mengenal minat dan hobi yang kita miliki. Dari hal tersebut bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan. Ingat salah satu tujuan kita menulis adalah berbagi informasi. Berfikirlah dari yang sederhana kemudian kembangkan ide-ide untuk menulis. Lakukan proses selalu terus menulis, menulis dan menulis. Dengan menulis kita bisa menceritakan banyak hal kepada orang lain. Terkadang ide-ide kecil bisa menjadi hal yang luar biasa bagi orang lain. Apapun yang kita lakukan silahkan tulis dan ceritakan. Belajar untuk mengkombinasikan tulisan kita  dengan buku-buku referensi yang ada. Dan yang sering dilupakan terkadang kebiasaan sehari-hari yang kita miliki bisa juga menjadi sumber ide dalam menulis.

Ayo semangat Menulis……


Materi selengkapnya dalam AISEI writing club



0 comments:

Post a Comment