Pembelajaran
Daring dan Luring Yang Efektif dan Menyenangkan
Pembelajaran adalah proses, cara,
perbuatan menjadikan orang atau makhluk hidup belajar.Definisi sebelumnya
menyatakan bahwa seorang manusia dapat melihat dalam perubahan yang terjadi,
tetapi tidak pembelajaran itu sendiri (https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran).
Kegiatan pembelajaran melibatkan guru yang bertindak sebagai pendidik,
pengajar, pembimbing dan juga fasilitator.
Pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka maupun dengan dalam jaringan. Sebelum pandemi pembelajaran biasanya secara tatap muka. Tapi apa daya karena Covid-19 membuat pembelajaran beralih ke daring. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pola strategi jitu saat ini. Adapun digital tools yang bisa digunakan selama pembelajaran jarak jauh agar bisa efektif dan menyenangkan :
1. WA
Grop
WA grop sudah tidak asing lagi,
teknologi yang dianggap sangat akrab dengan kehidupan kita. Dengan WA Grop guru
bisa menciptakan pembelajaran jarak jauh secara efektif dan menyenangkan
2. Gunakan
Aplikasi Zoom
Salah satu aplikasi yang bisa digunakan
dalam pembelajaran. Pembelajaran yang bersifat sinkronus guru dan siswa bisa secara
langsung berinteraksi melalui video secara virtual. Proses interaksi dan
kolaborasi pembelajaran akan tercipta dengan menyenangkan.
3. Gunakan
Live Youtube Channel
Selain irit kuota, sistem pembelajaran bisa
diulang berkali-kali. Dengan channel youtube akan tercipta pembelajaran asinkronus.
Siswa yang tertinggal selama pembelajaran akan bisa mengulang materi yang kita
berikan.
Mulai sekarang guru belajar menjadi
youtuber, dengan teknologi youtube kita belajar berbicara dan menciptakan
konten-konten menarik untuk siswa.
Silakan kunjungi channel youtube penulis,
yang masih pemula https://www.youtube.com/c/KomangEliMahayani
Tips yang bisa dilakukan untuk menciptakan
interaksi dalam PJJ :
1. Jangan
one men show, belajarlah berbagi dengan peserta yang kita hadapi.
Siswa hanya mampu bertahan 15 menit. Jadi belajarlah untuk saling berbagi, ada
interkasi atau sedikit mengobrol ringan dengan para siswa kita.
2.
Pelajari
gaya belajar siswa
Menurut
Fleming dan Mills (1992), gaya belajar merupakan kecenderungan siswa untuk
mengadaptasi strategi tertentu dalam belajarnya sebagai bentuk tanggung
jawabnya untuk mendapatkan satu pendekatan belajar yang sesuai dengan tuntutan
belajar di kelas/sekolah maupun tuntutan dari mata pelajaran.
Dalam
pembelajaran jarak jauh guru harus menguasai gaya belajar siswa dan jangan lupa
dalam proses pembelajaran berikan penghargaan kepada siswa. Hal itu bertujuan
untuk memberikan rasa senang kepada siswa dan dengan penghargaan akan membangkitkan motivasi
belajar siswa.
3.
Minimalisasi
Penugasan kepada Siswa
Dalam
pembelajaran jarak jauh siswa akan merasa bosan jika selalu dijejali dengan
tugas. Perlu adanya interaksi dan komunikasi dua arah agar proses pembelajaran
lebih efektif.
4.
Guru
sebagai sutradara
Dalam
pembelajaran, guru harus membuat scenario pembelajaran terlebih dahulu. Versi
Om Jay, seorang guru harus bisa menjadi Pemain dan Penonton langsung. Disisi
Pemain guru sebagai pembuatan RPP sebagai scenario awal sebelum mengajar, terkadang
RPP yang dibuat tidak sesuai dengan realita. Pelaksanaan pembelajaran yang
niatnya diciptakan menyenangkan malah menjadi pasif. Itu menjadi PR besar bagi
guru untuk membuat scenario yang sesuai dengan kondisi siswa yang diajarkan. Guru
harus kreatif dan inovatif dalam pembaharuan pembelajaran. Bebas menciptakan
pembelajaran sesuai dengan karakter dan kondisi lingkungan belajarnya. Disisi
Penonton, guru harus mampu sebagai pendengar, disaat PJJ guru wajib mampu
mendengarkan argumentasi siswa dalam pembelajaran agar suasana belajar tetap
menyenangkan.
5.
Siapkan
Bahan Pembelajaran Mandiri
Mempunyai
kekuatan menjelaskan sendiri, digunakan sesuai dengan kecepatan siswa masing-masing,
isinya lengkap dengan sendirinya, bahan pembelajaran yang dapat dipelajari
secara individual
Guru harus bisa menciptakan media pembelajaran yang baik untuk siswa. Media pembelajaran yang baik memiliki ciri dapat diakses secara stabil sepanjang waktu oleh pengguna secara Bersama (siswa dan guru).
Berhasil dalam pembelajaran daring dan
luring yang dilakukan oleh guru harus memuat 4 prinsip utama yakni :
a.
Kurangi
ketergantungan siswa kepada pengajar, orang tua dan pihak lain
b. Berikan
kepada siswa bahan pembelajaran yang dapat dipelajari secara mandiri
c.
Fasilitasi
siswa dengan sarana belajar yang dapat disediakan oleh Lembaga Pendidikan dan
keluarga agar dapat belajar mandiri dengan menggunakan bahan pembelajaran yang
mandiri
d. Guru
harus terus mau belajar dan meningkatkan kemampuan di bidang teknologi
khususnya digital tools untuk belajar interaktif.
Mari para guru tetap semangat
menciptakan pola pembelajaran yang efektif dan menyenangkan baik itu secara
luring dan daring, karena guru adalah pembangun insan cendikia.
Peresume : Komang Elik Mahayani
AISEI#AISEIWRTITING#OMJAY#PENERBITANDI
Wah, mantap
ReplyDeleteMantap....
ReplyDeletehttps://digilabhome.blogspot.com/2020/09/covid-19-mengganas-dan-momentum.html