Monday 21 September 2020

Guru Bijak, Guru Penangkal Hoax

 


Minggu Sore bertemu lagi dalam kegiatan menulis Bersama AISEI. Narasumber yang hadir kali ini adalah Bapak Wijaya dengan nama keren beliau Kang Jaro. Saat ini menjabat sebagai Ketua Umum PP FKG IPS Nasional. Pengurus IKA UPI Komda Banten dan tentu memiliki segudang prestasi dan karya tulis. Pada kesempatan kali ini beliau akan membahas detail tentang HOAX.

Hoax tidak akan pernah habis di dunia ini. Informasi menjadi tersangka dalam proses penyebaran hoax. Dengan teknologi yang modern proses penyebaran hoax sangat tidak terkendali. Sudah selayaknya kita kaum guru bertidak bijak dengan lebih menyaring informasi yang didapat dan sekaligus bertindak sebagai guru penangkal Hoax.

Isu Hoax paling banyak saat ini berdasarkan survey mastel, 2017 meliputi Sosial Politik, SARA, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Penipuan Keuangan dan IPTEK. Hoax disekitar kita sangatlah banyak. Hoax makin diviralkan melalui media social yang kita gunakan.

Jika dicermati lebih detail, Menurut KBBI Hoax adalah informasi bohong. Definisi Hoax versi Wikipedia yakni berita bohong atau berita palsu atau hoaks adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu maupun April Mop. Istilah Buzzer yang membuat kegaduhan di media massa.

Ada beberapa pemicu penyebaran Hoax di sekitar kita salah satunya Kepentingan Politik/Bisnis, Impitan Ekonomi dan Latar Pendidikan Otoriter. Hoax makin merajalela hal itu disebabkan karena proses penyebaran hoax dilakuakn tanpa ada tatap muka dan tidak menggunakan nama asli/anonym. Langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan mengabaikan hoax tersebut dan jika hoax mengganggu privasi kita, cara terbaik dengan melaporkan bully/hoax untuk pemblokiran via fasilitas platform.

 

Ciri-ciri hoax yang bisa kenali yakni :

 





Hoax yang perlu diwaspadai seperti Virus tipuan, hoax pesan berantai, cerita rekayasa, hoax dapat hadiah gratis. Pertanyaanya apakah para pembaca pernah mengalami beberapa berita hoax seperti opsi diatas?? Semoga saja tidak.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengindari berita HOAX :

a. Cek beberapa sumber, dengan memanfaatkan search engine untuk membandingkan kebenaran suatu berita

b.   Kenali Situs Palsu, riset terlebih dahulu untuk menemukan bukti jitu situs tersebut memberikan berita positif dan netral

c.  Hindari situs mencurigakan, jangan membagikan situs yang tidak dikenali agar tidak viral

d.   Baca keseluruhan berita sebelum menarik kesimpulan

a. 

Bagi penyebar hoax wajib berhati-hati karena ada landasan hukum yang mengaturnya. UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ( UU ITE) dengan aturan ancaman hukuman yang sudah ditentukan.

Mulailah bijak dari sekarang, selalu waspada akan beragam informasi yang diterima. Saring informasi sebelum menyebar luaskan kembali. Secanggih apapun eranya tetap berprinsip pada etika berteknologi niscaya hoax akan berlalu. Unduh yang baik, unggah yang bermanfaat.

 

Berikut ini materi yang disampaikan Kang Jaro




0 comments:

Post a Comment