Wednesday 29 April 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-2


Belajar Menulis Gelombang 10

Pertemuan tanggal
:
28 April 2020
Pemateri
:
Dr. PAIDI, S.Pd, M.TPd ( Praktisi Pendidikan Vokasi )
Waktu
:
Pukul 13.00 - 15.00 WIB
Topik
:
Merancang Design Pembelajaran Modern
Peresume
:
Komang Elik Mahayani (elle.mahayani@gmail.com)

                Dengan berkiblat dari Tujuan Pendidikan Nasional yakni mengembangkan kualitas sumber daya manusia, terarah, terpadu dan menyeluruh melalui berbagai upaya produktif dan kreatif oleh seluruh komponen bangsa, agar generasi muda dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya serta peranan penting Kualitas Sumber Daya Manusia dalam menghadapi persaingan pada Era MEA ( Masyarakat Ekonomi Asia). Maka diperlukan sebuah solusi dalam bidang Pendidikan khususnya cara memperbaiki ketidakefektifan belajar. Salah satu kendala yang tak terduga yang memicu ketidakaktifan belajar adalah Bencana Alam atau Peristiwa Luar Biasa yang kita alami saat ini Pandemi Covid-19. Apakah Solusi yang bisa ditawarkan??? Solusi itu adalah dengan melaksanakan Pembelajaran Blended Learning.
          Langkah-langkah Perancangan Design Pembelajaran yang pemateri paparkan mengacu pada tokoh fenomenal bidang desain  pembelajaran yaitu Prof Dr. Atwi Suparman (mantan rektor UT) dan Dick & Carrey. Secara umum Proses perancangan desain pembelajaran terdiri dari 11 langkah yg dpt sy uraikan sebagai berikut:

  1.   Langkah 1, kita perlu mendapatkan data dan informasi guna mendapatkan masukan dari siswa/pengguna atas materi2 yg dianggap sulit atau perlu dipelajari lebih lanjut.
  2. Langkah 2, Berdsarkan data yg di dapat dari langkah 1 selanjutnya kita perlu membuat identifikasi kebutuhan peserta didik terhadap mata pelajaran / bahan yng akan kita rancang.
  3. Langkah 3, Berdasarkan data langkah 2 selanjutnya kita mulai membuat analisis instruksional/pembelajaran mata pelajaran yang akan kita rancang.
  4. Langkah 4, Seorang perancang perlu mendapatkan gambaran karakteristik peserta didik yang akan menjkadi target atau pemakai buku yg kita rancang.
  5.  Langkah 5, Membuat rumusan tujuan instruksional khusus (penggunaan istilah instruksional disini berdasarkan sumber asli yg di karang oleh Dick & Carrey yaitu instructional).
  6. Langkah 6, Melakukan penyusunan TES.
  7. Langkah 7, Membuat perencanaan strategi instruksional/pembelajaran yang akan digunakan (dalam hal ini saya merancang pembelajaran secara Blended Learning).
  8. Langkah 8, Mengembangkan dan memilih bahan instruksional. Bahan pembelajaran yang dirancang dapat dibedakan menjadi 2 yaitu bahan tercetak dan bahan online. Dalam hal perancangan bahan pembelajaran (Buku) dapat digunakan teori Rothwel dan untuk bahan online bisa menggunakan teori hannafin).
  9. Langkah 9, setelah draft bahan tersedia (langkah 8) selanjutnya perlu dilakukan evaluasi formatif sbb: 1. one-to-one expert dengan melibatkan 4 orang pakar (pakar Desain, pakar Media, pakar Materi, pakar bahasa); 2. One-to-one learner (melibatkan 3 orang siswa yang berasark dari siswa peringkat atas, menengah dan bawah); 3. Evaluasi Small group (melibatkan sekitar 9 siswa yang berasakl dari kelompok, menengah dan bawah); 4. Field trial yaitu tahap uji coba luas dengan melibatkan siswa sekitar 30 siswa  yang berasal dari kelompokl Atas, menengah dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi one-to-one, evaluasi small group akan menghasilkan namanya draft bahan pembelajaran dan setelah field trial baru dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
  10.  Langkah 10 Melakukan evaluasi Formatif.
Foto Dokumen Powerpoint Desain Pembelajaran Modern Dr. Paidi,S.Pd. M.TPd
         
                   Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19 yang sedang kita alami saat ini tidak akan menyurutkan efektifitas kita dalam belajar. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan Pembelajaran Blended Learning.

Berikut Video Presentasi dari Dr. PAIDI, S.Pd, M.TPd ( Praktisi Pendidikan Vokasi )
Dokumen Milik Pribadi Dr. PAIDI, S.Pd, M.TPd ( Praktisi Pendidikan Vokasi )



6 comments: