Thursday 30 April 2020

Belajar Menulis Gelombang 10 Hari Ke-4



Belajar Menulis Gelombang 10

Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi dan Kepemimpinan
Pembicara Nasional lahir dari Seorang Penulis Terkenal



      Kamis, 30 April 2020 bertemu lagi dalam Kegiatan Belajar Menulis Bersama Om Jay. Ini kali ke 4 Pertemuan kita. Jemari mulai hafal dengan letak huruf-huruf pada keyboard laptop. Pada kesempatan yang berbahagia ini hadir Nara Sumber yang berprofesi sebagai Trainer dan Business Inspirator. Beliau adalah Bapak Amir Faisal. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.
            Basic Pendidikan beliau adalah Marketing. Dalam perjalanan karier Beliau pernah menjabat sebagai Marketing selama 8 Tahun. Beralih Profesi menjadi Pengusaha bergerak di bidang UKM dan labuhan karier terakhir bergerak di bidang Konsultan. Dibidang konsultan, beliau berkeinginan untuk bisa membagi ilmu yang dimiliki kepada teman-teman (Personal Branding). Dari cita-cita mulia ini dengan penuh tekad tanpa berbekal keahlian dalam menulis serta bukan seorang praktisi di bidang pendidikan. Beliau mewujudkan impian menjadi Personal Branding melalui Menulis Buku. Buku beliau diterbitkan oleh Percetakan Gramedia. Langkah awal dari menjadi trainer anak-anak dari level SMP, SMA dan Perguruan Tinggi melahirkan Sebuah karya buku dengan judul “ Menyiapkan Anak Menjadi Juara  Buku ini adalah salah satu buku best seller beliau.
Tips dan Trik yang beliau bagikan untuk membuat buku kita bisa di muat di percetakan besar ( Gramedia ) adalah :
1.     Membuat buku yang disukai oleh pembaca/pasar
Seperti yang diketahui percetakan besar akan melakukan kuisioner terhadap buku yang diminati atau dengan melihat hasil penjualan buku terbanyak bergenre apa? Sehingga mau tidak mau penulis nanti harus berpatokan membuat buku dengan ini.
2.     Temukan Genre atau Passion kita dalam menulis
Genre atau passion sangat berpengaruh terhadap hasil dari tulisan kita. Beliau memberikan informasi beberapa list genre  yang laris pada percetakan besar ( Gramedia) yang paling laris bergenre Novel, selanjutnya disusul genre travelling, Komik, Motivator dan Marketing.

       Dalam pertemuan ini, beliau memberikan kesempatan pada peserta untuk bertanya mengenai pengalaman menulis dan buku beliau yang diterbitkan di percetakan besar. Berikut ini pernyataan dari pertanyaan peserta yang bisa dijadikan pembelajaran bagi kami yang baru mulai belajar untuk menulis.
·         Cara bisa menulis dan percaya diri buku beliau laku dipasaran adalah dengan membuat tantangan untuk mentraining guru. Ini gila, Tidak tahu ilmu pendidikan berani mentraining guru? Maka saya belajar buku-buku pendidikan mutakhir dari BobbiDePorter, Barbara Prashnig,  buku-buku psikologi dr Daniel Goleman, Howard Gardner, Thomas Armstrong dan ikut Trainingnya Bapak Munib Khatib, sekolahnya manusia. Intinya tentukan dulu visi / dream Anda, kenapa ingin jadi penulis. Lalu hadapi tantangan-tantangannya dengan gagah berani.
·         Trik agar buku kita dilirik penerbit besar salah satunya dengan Hypnowriting.
·         Lama beliau membuat buku yakni buku pertama selesai sekitar setahun. Kedua sekitar 6 bulan dan sekarang hanya 2 bulan. Dalam membuat buku kajian pustaka itu sifatnya hanya penguatan. Penerbit lebih menyukai karya original dari pikiran, perasaan, gagasan Anda sendiri.
·         Cara membawa tulisan di penerbit nasional adalah dengan aktif menjadi narasumber dan melalui media social.

Jangan takut untuk mencoba dunia baru khususnya menulis buku. Dengan bermodal keberanian, terus menerus belajar niscaya cita-cita menulis buku akan terwujud. Cobalah mencari Passion dalam diri. Hadapi segala tantangan dan Ikuti semua kaidah-kaidah yang ada.
Kunjungi blog beliau di https://www.spiritualquantum.com/

2 comments: