Sunday 10 September 2023

Cerita Belajar NgeBlog

Pagi hari sudah diawali dengan perasaan senang. Kira-kira apa ya??? Apa kalian penasaran.......

 

Kita flashback dulu ya……

Seminggu yang lalu saya mengajar topik mengenai Blog. Secara singkat keterampilan yang dimiliki siswa yakni mereka harus bisa membuat blog pribadinya dengan mandiri. Zaman sekarang sudah canggih tinggal klik tutorialpun sudah didapat. Saya memberikan informasi kepada siswa untuk sesampainya di rumah mereka akan membuat blog masing-masing. Untuk materi ini saya sangat meyakini siswa saya mampu menyelesaikannya baik dengan instruksi yang kita basa bersama di kelas atau lebih mantap lagi dengan melihat tutorial yang ada.

Namun dalam hati, saya merasa potensi siswa belum saya tau dengan maksimal. Melalui blog ini saya mencoba mengajak siswa untuk menuangkan akan semua ide yang mereka miliki. Adapun  beberapa pertanyaan yang diutarakan? “Bu, apakah saya bisa menulis keseharian saya?”; “Bu, apakah saya bisa menuliskan tutorial memasak karena saya suka memasak?”; ““Bu, apakah saya bisa menulis curahan hati saya?”; “Bu, apakah saya bisa menulis kegiatan saya bermain game?”. Ternyata mereka memiliki berbagai macam ide yang tentunya siap untuk dibagikan kepada para pembaca melalui Blog mereka.

Dalam perjalanan ada beberapa siswa yang mengalami kendala terkait bagaimana cara untuk mengupload gambar. Tidak masalah ini adalah sebuah proses dengan beberapa arahan dan tuntunan...Sat set saat sett akhirnya si Doi bisa juga upload foto.

Hari ini mungkin hari ke 3 atau ke 4 untuk siswa saya dalam kegiatan Blogging nya. Pagi ini saya sangat senang karena semakin hari japri saya semakin banyak dari siswa. Link blog hilir mudik datang ke WA saya dan saya siap untuk membaca. Terkadang saya membaca puisi siswa, kegiatan sehari-hari, curahan hati ataupun kegemarannya bermain game serta informasi akan tempat wisata maupun trik dan tips yang dibagikan.

Yang saya tau tiap orang memiliki ide hanya saja mereka akan terganjal perasaan malas untuk menuangkannya. Bagi siswa yang belum bisa menulis dengan catatan jangan takut mencoba tetapi jika perasaan malas itu tetap ada maka proses memulai tak akan bisa.

 

Ayo semangat terus untuk Nge BLOG ya nak....


15 comments:

  1. Terima kasih ibu atas panduan membuat blognya di pertemuan minggu lalu, sangatt bermanfaatt 🀩

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hari ini rasanya kece abiss bu, firsr time making a blog, lama lama jadi candu juga ketik" di blog, can't wait to write another "Random Things" di blog. Makasih Bu πŸ’žπŸ’žπŸ’ž

    ReplyDelete
  4. Terimakasih atas bimbingan nya, saya harap saya bisa lebih multitalenta

    ReplyDelete
  5. Terimakasih atas materi blognya bu. Dengan materi ini saya lebih bisa mengekspresikan diri saya dengan tulisan di blog

    ReplyDelete
  6. Baik ibu, terimakasih untuk panduan membuat blog nya...

    ReplyDelete