Thursday 14 September 2023

Rencana Tindak Lanjut Pendampingan Selanjutnya

 


                                   

        Proses Pendampingan Individu I berjalan dengan lancar. PI 1 dilakukan bersama CGP di sekolah tempat CGP mengajar baik dari CGP dari tingkat SD dan SMP. CGP sebelumnya telah siap dengan dokumen yang dibutuhkan dalam proses pendampingan. Dokumen yang telah ada yakni dokumen kekhawatiran dan harapan, hasil belajar daring, portofolio digital dan posisi diri serta rencana pengembangan diri. Ra-rata CGP ini memiliki kemampuan IT yang bagus mengingat CGP berusia produktif dan tentunya rata-rata sangat inovatif. Tugas di LMS juga sudah dilakukan sesuai dengan Alur MERDEKA di Modul 1.1 dan 1.2. Tugas yang dibuat sangat beragam yakni video, dan dokumen tulisan baik note maupun bentuk pdf yang lain.

    Pelaksanaan PI didahului dengan meminta ijin kepada Kepala Sekolah tempat CGP didampingi. Dalam pertemuan itu PP menyampaikan maksud dan tujuan untuk kedatangan bertemu dengan Kepala Sekolah dan CGP. Dari sambutan Kepala Sekolah akan kedatangan dan maksud tujuan PP terkait PGP, beliau sangat mendukung akan program ini dan memberikan motivasi serta support tinggi bagi guru-guru yang terdaftar sebagai CGP.

        Proses coaching dalam kegiatan pendampingan sebagai hasil dari lokakarya orientasi, hasil pembelajaran daring yang PP tanyakan semua, pembuatan kerangka portofolio digital, posisi diri dan rencana pengembangan diri serta melakukan refleksi bersama terhadap aktivitas PI yang baru dilakukan.

        Rencana tindak lanjut dari pendampingan ini adalah melengkapi kekurangan dokumen sebelumnya pada tugas pembelajaran daring.  Melakukan inventarisasi dokumentasi kegiatan untuk memudahkan dalam pembuatan portofolio digital. Selain itu memantapkan desain dari portofolio digital yang selanjutnya akan diunggah ke portofolio digital dengan menggunakan platform google sites.

        Secara emosional kesiapan CGP dalam coaching kali ini lebih menekankan bagaimana management waktu yang harus bisa disusun dengan baik. Melihat CGP yang didampingi tidak hanya sebagai guru namun memiliki tugas tambahan lain seperti menjadi bendahara BOS serta pendamping program lain disekolah yang menuntun CGP agar bisa membagi waktu sesuai dengan porsi tupoksi yang telah dimandatkan. Sejauh ini CGP mampu melakukan dengan baik dan bisa berjalan dengan lancar.

        Modul yang telah dipelajari baik Modul 1.1 dan 1.2 telah menghantarkan CGP menuju peningkatan kualitas diri. Menurut CGP ada banyak perubahan yang dialami khususnya dalam pembelajaran bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seiring dengan perjalanan pembelajaran di PGP dan semakin menyadari diri niscaya harapan keberpihakan pada murid bisa maksimal diaplikasikan. Sesuai dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak yang telah dipelajari pada LMS, selanjutnya CGP telah mengimbaskan pengetahuannya kepada rekan sejawat. Maka selanjutnya akan lebih intensif lagi berbagi dengan rekan guru lainnya.


0 comments:

Post a Comment