Aksi Nyata Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Komang Elik Mahayani – CGP Jembrana Angkatan 3
Penggunaan Media Blog Untuk
Menumbuhkan Literasi Menulis
A. Latar
Belakang
Untuk dapat mewujudkan visi
sekolah dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau
paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan. Prinsip
IA dan ajaran filosofi Ki Hadjar Dewantara tentang merdeka belajar dan percaya
bahwa setiap murid memiliki potensi untuk melakukannya. Dalam hal ini, guru memahami bahwa murid
memiliki potensi yang sama tingginya.
Untuk menumbuhkan potensi
menulis siswa guru memaksimalkan Literasi baca dan tulis yang merupakan salah
satu dimensi literasi dari enam dimensi lainnya. Literasi baca dan tulis adalah
pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri,
mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan
menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi,
serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial (Kemndikbud, 2017:6). Bentuk kegiatan
dalam literasi baca dan tulis ini tentu efektifnya digerakkan melalui
lingkungan sekolah. Melalui mata pelajaran Informatika khususnya materi terkait
blog, guru mencoba untuk menumbuhkan literasi tulis pada siswa kelas IX
B. Tujuan
1. Menumbuhkan
literasi menulis pada siswa
2. Mengenalkan
teknologi sebagai sarana digital untuk menulis pada siswa
C. Tolok
Ukur
1. Tumbuhnya
budaya menulis pada siswa
2. Terampilnya
siswa menggunakan blog sebagai sarana menulis digital
D. Diskripsi
Aksi Nyata Dan Alasan Mengapa Aksi Nyata Di Lakukan
Aksi
nyata ini akan dilakukan selama 4 minggu di kelas IX SMP Negeri 1 Negara. Tahap
Persiapan dilakukan dengan mengajarkan siswa bagaimana cara membuat blog, yang
kemudian pada tahap pelaksanaan siswa akan diajak untuk membuat sebuah tulisan
di blog dengan kebebasan waktu dalam satu minggu harus memposting satu tulisan
di blog.
E. Deskripsi
Hasil Aksi Nyata
Dengan
menjalankan Program Satu Minggu Satu Blog pada siswa diharapkan mampu untuk
menumbuhkan budaya literasi tulis sehingga terbentuk pengetahuan dan kecakapan
untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi
untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai
tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di
lingkungan sosial.
F. Keberhasilan
Dan Kegagalan
Keberhasilan
:
Siswa
yang berminat dan memiliki potensi untuk menulis maka siswa akan sangat senang
dengan program Satu Minggu Satu Blog.
Kegagalan
:
Akses
internet yang kurang memadai dari siswa dan kemampuan untuk menuliskan kembali
apa yang telah di baca oleh siswa kurang maksimal.
G. Rancangan
perbaikan pada masa yang akan datang
Perlu memberikan pemahaman akan pentingnya literasi baca tulis karena literasi baca-tulis dapat disebut sebagai moyang segala jenis literasi karena memiliki sejarahnya cukup panjang. Literasi ini bahkan bisa dikatakan sebagai makna awal literasi, meski kemudian dari waktu ke waktu makna itu mengalami perubahan. Tidak mengherankan bila pengertian literasi baca-tulis mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
H. Dokumentasi Pelaksanaan Aksi Nyata
0 comments:
Post a Comment