Saturday 12 February 2022

3.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

 


Dari delapan pertanyaan yang ada, pilihlah minimal empat pertanyaan sebagai bahan refleksi Anda.

  1. Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Dengan mempelajarai modul ini saya memahami akan apa yang dimaksud tentang dilema etika dan bujukan moral. Apa perbedaan antara dilemma etika dan bujukan moral. Dilema etika adalah situasi yang terjadi ketika seseorang harus memilih antara dua pilihan dimana kedua pilihan secara moral benar tetapi bertentangan. Bujukan moral merupakan situasi yang terjadi ketika seseorang harus membuat keputusan antara benar atau salah. Ada hal-hal yang melanggar hukum atau norma kebenaran seperti mencuri uang teman atas dalil kelaparan dan ingin berbelanja di kantin. Dalam proses pengambilan keputusan terdapat 4 paradigma yang digunakan sebagai acuan yakni :

1.      Individu lawan masyarakat (individual vs community)

2.     Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

3.     Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

4.     Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term)

Pentingnya mengidentifikasi paradigma ini, bukan hanya mengelompokkan permasalahan, namun membawa penajaman bahwa situasi yang Anda hadapi betul-betul mempertentangkan antara dua nilai-nilai inti kebajikan yang sama-sama penting.

Setelah mengidentifikasi paradigma yang sesui dengan kasus kita juga bisa menggunakan 3 prinsip pengambilan keputusan seperti Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking), Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)dan Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking).

Dan yang terakhir untuk menentukan pengambilan keputusan yang benar-benar bijak dan baik kita harus menggunakan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Dengan harapan agar keputusan tersebut bisa diterima oleh semua orang, perasaan kita sebagai pembuat keputusan merasa nyaman dan tenang atas apa yang kita pilih dan bisa digunakan sebagai referensi untuk kasus berikutnya.

 

  1. Tuliskan pengalaman Anda dalam menggunakan ketiga materi tersebut dalam proses Anda mengambil keputusan dalam situasi dilema etika yang Anda hadapi selama ini.  Anda dapat juga menulis tentang sebuah situasi dilema etika yang dihadapi oleh orang lain serta keputusan yang diambil. Berilah ulasan berdasarkan 3 materi yang telah Anda pelajari di modul ini.

Pengalaman yang saya alami sewaktu ditugaskan sebagai pengawas pelaksanaan PAS dan tentu saya jalankan dengan baik, beberapa hari kemudian saya mendapatkan surat dari Dinas untuk mengikuti kegiatan workshop ANBK di Surabaya. Menghapadi 2 kegiatan ini tentu akan membuat dilema etika pada saya pribadi. Di satu sisi saya sebagai pengawas di sekolah dan satu sisi saya sebagai Tim Help Desk kabupaten terkait kegiatan ANBK yang keduanya adalah kewajiban saya sebagai guru.

Dari sisi paradigma yang akan saya gunakan untuk mengambil keputusan adalah Jangka pendek lawan jangka Panjang, kenapa seperti itu? Karena saya beranggapan dari kondisi ini terdapat kepentingan jangka pendek yakni mengawas PAS dan kepentingan jangka Panjang untuk mengikuti diklat terkait pelaksanaan ANBK yang dilakukan tahun depannya. Disisi lain terdapat 2 sikap bertentangan walaupun keduanya adalah kewajiban yang pertama saya pasti memberatkan panitia lain untuk mencarikan pengganti dan terdapat rasa kasihan atas kelalaian saya meninggalkan tugas demi tugas lainnya yang lebih penting.

Prinsip pengambilan keputusan yang digunakan adalah Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) karena dimana kedua kasus ini adalah semua bagian dari kewajiban saya sebagai guru yang sudah diatur dalam peraturan baik sebagai ASN maupun peraturan guru di sekolah.

Dengan menggunakan pengambilan dan pengujian keputusan saya memilih menjalankan workshop ANBK mengingat acara ini lebih penting diikuti karena akan membagikan informasi terkait ANBK kepada teman-teman SMP di kabupaten, untuk tugas pengawas di sekolah, kemungkinan tugas mengawas bisa digantikan oleh teman lain.

  1. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran dalam situasi moral dilema? Kalau pernah, apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari di modul ini?

Dalam pembelajaran tentu saya pernah menemui situasi moral dilema yang dilakukan olah siswa dimana salah satu siswa mencuri uang kas kelas karena yang bersangkutan tidak diberikan uang saku oleh orang tuanya. Tentu antara dilema etika dan bujukan moral ada sebuah perbedaan karena perilaku yang ditampilkan pada bujukan moral ada perbuatan yang melanggar hukum dan tentu itu salah.

  1. Bagaimana dampak mempelajari materi ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Dampak yang saya alami sangat banyak, yang pasti dalam mengambil keputusan sebelumnya saya lebih percaya pada hati saya saja tanpa ada beberapa pertimbangan yang lain namun dengan mempelajari modul ini saya paham anatar dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Yang mengajarkan saya untuk secara bijak berpikir dan menggunakan tahapan ini agar keputusan yang saya ambil benar-benar baik bagi semua orang.

0 comments:

Post a Comment